Logo Bloomberg Technoz

Pilkada DKI Tanpa Anies Vs RK hingga Isu Korupsi Kuota Haji

Redaksi
16 July 2024 05:40

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pilkada DKI Jakarta berpotensi tanpa panggung adu kekuatan antara Anies Baswedan dan Ridwan Kamil (RK). Isu panas lainnya yang menyita perhatian publik yakni babak baru Pansus Haji 2024 di tengah gaduh aroma korupsi kuota haji oleh Kemenag.

Di panggung politik, Partai Golkar lebih memilih menempatkan RK sebagai calon gubernur Jawa Barat. Kabar Golkar yang akan diusung di Pilkada Jabar berhembus dari lingkaran politik petinggi Koalisi Indonesia Maju, salah satunya Partai Amanat Nasional.

"Sekarang nampaknya RK (Ridwan Kamil) sudah fokus di Jabar," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan kepada wartawan, Minggu (14/7/2024).

Sementara itu, Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily juga memberi sinyal RK akan di Jawa Barat saat membongkar hasil survei sementara elektabilitas Pilkada Jawa Barat. Golkar mengklaim Ridwan Kamil masih memiliki popularitas mencapai 73% pada wilayah tersebut. 

Kabar RK makin menguat saat Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. Golkar, kata dia, akan mendukung penuh jika putera bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep jika maju menjadi cagub di Pilkada DKI Jakarta.