Logo Bloomberg Technoz

Alphabet telah memiliki perusahaan keamanan siber Mandiant, yang dibelinya dengan harga US$5,4 miliar dua tahun lalu dalam akuisisi terbesar kedua, setelah akuisisi Motorola Mobility Holdings LLC yang diselesaikan tahun 2012.

Target akuisisi sebesar Wiz tidak biasa bagi perusahaan teknologi besar seperti Alphabet dan mungkin akan menarik lebih banyak pengawasan dari regulator antimonopoli.

Google telah menghadapi beberapa tantangan antimonopoli, termasuk gugatan dari Departemen Kehakiman AS yang menuduhnya menyalahgunakan posisinya yang dominan dalam pencarian online dan gugatan lainnya terkait alat periklanan digitalnya.

Pembicaraan Wiz, yang sebelumnya dilaporkan oleh Wall Street Journal, terjadi setelah Alphabet membatalkan upaya untuk mengakuisisi perusahaan manajemen hubungan pelanggan HubSpot Inc, yang dilaporkan Bloomberg News minggu lalu.

Wiz yang berbasis di New York terhubung ke penyedia penyimpanan cloud seperti Amazon Web Services dan Microsoft Azure dan memindai data yang tersimpan di sana untuk mengetahui risiko keamanan.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2020 ini memiliki nilai sebesar US$12 miliar dalam putaran pendanaan pada Mei yang menarik investor, seperti Andreessen Horowitz, Lightspeed Venture Partners, dan Thrive Capital.

Akuisisi Wiz dapat membantu Google mengejar ketertinggalannya dari Microsoft Corp dan Amazon.com Inc dalam pasar cloud yang semakin kompetitif. Alphabet telah meningkatkan investasi di bisnis pelanggan cloud, termasuk menawarkan lebih banyak alat kecerdasan buatan yang lebih generatif bagi para klien.

Meskipun Google masih tertinggal dari Microsoft dan Amazon di pasar komputasi awan, perusahaan ini melaporkan bahwa unit cloud-nya telah menghasilkan keuntungan selama beberapa kuartal berturut-turut, setelah bertahun-tahun unit ini merugi.

Peluang di bidang ini berkembang karena semakin banyak perusahaan rintisan yang memindahkan aplikasi dan data mereka ke cloud, terutama untuk tujuan AI generatif.

Alat kecerdasan buatan dilatih dari kumpulan data yang sangat besar dan sering kali membutuhkan daya komputasi yang sangat besar untuk menghasilkan konten seperti gambar, kampanye pemasaran, atau kode perangkat lunak.

Pengambilalihan Wiz oleh Alphabet juga akan mengintensifkan persaingan Google dengan Microsoft, penjual produk keamanan siber terbesar di dunia.

Microsoft telah dilanda serangkaian peretasan memalukan yang mengekspos pelanggan korporat dan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir. Sebuah laporan pemerintah AS mengecam perusahaan ini pada awal tahun ini karena kegagalannya menghentikan peretas yang terkait dengan pemerintah China untuk mencuri kotak email para pejabat AS.

Google bertaruh bahwa kegagalan keamanan siber Microsoft yang sangat terbuka--bersama dengan diskon besar-besaran--akan membujuk pelanggan korporat dan pemerintah untuk menggunakan perangkat lunak produktivitas raksasa pencarian ini, bukan Office.

Pada Mei, Google merilis sebuah buku putih yang menyoroti kelemahan keamanan rivalnya, dan mempertimbangkan untuk meluncurkan kampanye media sosial dan iklan bertema serupa.

Google juga menawarkan satu tahun gratis untuk lembaga pemerintah yang mengalihkan 500 pengguna atau lebih ke Google Workspace Enterprise Plus selama tiga tahun dan mengatakan bahwa mereka akan memenuhi syarat untuk mendapatkan "diskon besar" untuk sisa kontrak.

(bbn)

No more pages