Logo Bloomberg Technoz

Pencetak Gol Terbanyak

Pemain Timnas Argentina Lautaro Martinez yang mencetak gol semata wayang di Final Piala Copa America 2024 keluar sebagai peraih piala golden shoes atau pencetak gol terbanyak pada perhelatan tersebut. Dia tercatat telah mengemas lima gol sepanjang turnamen.

Uniknya, Lautaro sangat produktif meski statusnya sebenarnya adalah pemain pelapis atau cadangan di skuad La Albiceleste.

Kiper Terbaik

Kemenangan Timnas Argentina tak lepas dari kiprah gemilang kiper Emiliano Martinez. Sepanjang Copa America 2024, dia hanya mengalami satu kali kebobolan yaitu saat ditahan imbang Timnas Ekuador 1-1 pada babak perempat final. Sisanya, Martinez mampu mencetak clean sheet atau menang tanpa kebobolan.

Selain itu, Martinez juga tercatat selalu meraih gelar kiper terbaik saat menjaga gawang La Albiceleste di turnamen internasional. Dia menjadi kiper terbaik di Copa America 2021, Piala Dunia 2022, dan Copa America 2024.

Catatan Clean Sheet Martinez

Babak Grup
Vs Kanada 2-0
Vs Chili 1-0
Vs Peru 2-0

Perempat Final
Vs Ekuador 1-1

Semi Final
Vs Kanada 2-0

Final
Vs Kolombia 1-0

Rekor Pelatih

Meski tanpa tropi pribadi, Pelatih Timnas Argentina Lionel Scaloni mencatat rekor pribadi pada karirnya. Dia adalah pelatih yang berhasil membawa anak asuhnya menggapai kemenangan pada tiga turnamen internasional berturut-turut yaitu Copa America 2021, Piala Dunia 2022, dan Copa America 2024.

Rekor Pemain Terbanyak Berlaga

Bintang La Albiceleste, Lionel Messi memang harus diganti karena mengalami cedera pada awal babak kedua Final Piala Copa America 2024. Akan tetapi, dia tercatat sebagai pemain dengan jumlah laga terbanyak di Copa America.

Dia bersanding dengan pemain Chili, Sergio Livingstone yang juga tercatat telah merumput di perhelatan berusia 108 tahun tersebut sebanyak 34 laga.

Pemain Terbaik di Final

Juga tanpa piala khusus, pemain sayap Timnas Argentina Angel Di Maria disebut sebagai pemain terbaik atau MVP di babak final. Kemenangan La Albiceleste ini juga menjadi perpisahan manis mantan bintang Real Madrid yang memutuskan pensiun dari timnas usai Copa America 2024.

(red/frg)

No more pages