Logo Bloomberg Technoz

Polri Sebut KKB Kembali Bakar Sekolah di Papua

Redaksi
15 July 2024 16:50

SDN Okbab, Distrik Borban, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan yang dibakar KKB. (Dok. Humas Polri)
SDN Okbab, Distrik Borban, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan yang dibakar KKB. (Dok. Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Operasi Damai Cartenz, Brigadir Jenderal Faizal Ramadhani melaporkan sebuah serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XXXV Bintang Timur di Kampung Borban, Distrik Okbab, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Jumat lalu. Dalam serangan tersebut, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Okbab terbakar hingga hangus.

Menurut dia, serangan tersebut tak menimbulkan korban jiwa dari masyarakat sipil. Akan tetapi, seluruh kegiatan pendidikan harus berhenti hingga waktu yang belum ditentukan karena kerusakan fasilitas sekolah dan trauma pada masyarakat.

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini, di mana KKB membakar fasilitas pendidikan yang menjadi tempat masyarakat menimba ilmu. Tindakan ini tidak hanya merugikan anak-anak dan para guru, tetapi juga merusak masa depan generasi muda," kata Faizal dikutip dari Humas Polri, Senin (15/7/2024).

Berdasarkan data Satgas Damai Cartenz, pembakaran sekolah dilakukan beberapa anggota KKB yaitu Memokon, Jender Siktaop alias Usoki, Aquino Kaladana, Yuni Mimin, dan Enos Kakyarmabin. Saat ini, tim gabungan TNI-Polri masih memburu keberadaan KKB tersebut.

“Kami tidak akan tinggal diam. Penegakan hukum secara tegas akan terus dilakukan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di wilayah ini,” ujar Faizal.