Logo Bloomberg Technoz

PTBA Kembangkan Batu Bara Jadi Bahan Baku Baterai EV

Dovana Hasiana
15 July 2024 16:10

Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)
Tambang batu bara terbuka PT Bukit Asam. (Dok. PTBA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, bekerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memulai pilot project konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet untuk bahan baku baterai Lithium-ion (Li-ion), yang salah satunya digunakan pada kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail menjelaskan konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet merupakan yang pertama di dunia.

Adapun, Artificial Graphite merupakan bahan utama untuk pembuatan anoda. Sementara, Anode Sheet adalah elektroda tempat terjadinya reaksi oksidasi (kutub positif), salah satu komponen penting untuk baterai Li-ion.

Menurut Arsal, kebutuhan Artificial Graphite dan Anode Sheet akan makin meningkat di masa mendatang, seiring dengan pertumbuhan industri EV.

Pengembangan Baterai Listrik pada Mobil Listrik (Ist)

“Tidak hanya untuk industri kendaraan listrik, Artificial Graphite dan Anode Sheet juga dibutuhkan industri-industri lain seperti industri penyimpanan energi, elektronik hingga peralatan medis,” ujar Arsal dalam siaran pers, Senin (15/7/2024).