Logo Bloomberg Technoz

Daftar Saldo Minimum BCA, BRI, BNI & Bank Mandiri Terbaru 2024

Redaksi
15 July 2024 14:30

Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi ATM Bank. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mengetahui jumlah saldo minimal tabungan yang ditetapkan oleh bank adalah hal penting yang harus diketahui masyarakat. Informasi ini menjadi bahan pertimbangan utama saat ingin membuka rekening tabungan.

Setiap bank memiliki produk tabungan dengan saldo minimal yang bervariasi. Saldo ini berfungsi sebagai pengaman jika nasabah tidak aktif menggunakan rekeningnya. Saldo yang mengendap akan digunakan oleh pihak bank untuk menutupi biaya transaksi yang mungkin terjadi. 

Jika saldo di ATM sudah mencapai batas minimal, nasabah tidak dapat menarik uang tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi nasabah untuk mencatat jumlah saldo minimal dari berbagai produk tabungan sebelum memilih dan menggunakannya.

Kebijakan Saldo Minimal di Berbagai Bank

Masing-masing bank memiliki kebijakan yang berbeda dalam menetapkan saldo minimal di ATM nasabah. Bahkan, dalam satu bank saja, setiap jenis tabungan bisa memiliki batas saldo minimal yang berbeda. Beberapa bank menggunakan sisa saldo sebagai biaya penutupan rekening tabungan yang tidak aktif, sementara yang lain menggunakannya untuk menjaga agar rekening tetap aktif.