Logo Bloomberg Technoz

Ridwan Kamil Batal, Anies Diprediksi Tanpa Lawan Kuat di Jakarta

Mis Fransiska Dewi
15 July 2024 12:40

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli berpendapat, calon presiden Pemilu 2024, Anies Baswedan berpotensi tak akan mendapat lawan yang sepadan pada Pilkada DKI Jakarta.

Hal ini merujuk pada isu Partai Golkar enggan mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai cagub di kontestasi politik ibu kota. Golkar kabarnya ingin kembali menguasai Jawa Barat dengan tetap mengajukan Ridwan Kamil yang masih memiliki elektabilitas 73% di wilayah tersebut.

“Kalau tidak ada sosok yang juga kuat, bisa dipastikan jalan Anies menuju DKJ 1 mulus tanpa ada perlawanan yang berarti,” kata Lili saat dihubungi, Senin (15/7/2024). 

Lili menilai, nama-nama yang bermunculan dalam bursa Pilkada Jakarta selama ini elektabilitasnya masih kecil. Angka tersebut jauh di bawah popularitas dan elektabilitas Anies yang pernah menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta pada 2017-2022.

Toh, kata dia, keputusan Golkar membatalkan rencana pengusungan Ridwan Kamil ke ibu kota juga realistis. Jika dipaksakan, menurut dia, Ridwan Kamil juga belum tentu bisa menumbangkan Anies.