Logo Bloomberg Technoz

Lebih lanjut, Dwikorita menugaskan forecaster BMKG untuk terjun secara langsung ke lapangan dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait pembangunan fasilitas IKN agar dapat mengoptimalkan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) serta durasi aktif kerja pembangunan fasilitas IKN.

“Harapannya, seluruh infrastruktur tersebut bisa segera selesai dan dapat digunakan secara fungsional sebelum pelaksanaan upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang,” ujarnya.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi membeberkan kendala dalam pembangunan Bandara di IKN disebabkan adanya guyuran hujan yang terjadi terus-menerus di wilayah Kalimantan Timur. Jika kondisi ini terus terjadi target pembangunan sejumlah fasilitas Bandara IKN pun berpotensi mundur dari rencana awal.

"Dari pembicaraan saat rapat dan pengalaman yang saya alami sendiri di lapangan, tantangan terbesar dalam pembangunan infrastruktur di IKN adalah cuaca,” ujarnya dalam siaran resmi, dikutip Minggu (14/7/2024).

Spesifikasi Bandara di IKN yang Berstatus VVIP

Konstruksi Bandara IKN./dok. Kemenhub

Pada awalnya bandara IKN punya target rampung akhir bulan Juli 2024. Statusnya sebagai VVIP membuat penyediaan infrastruktur menjadi sorotan. Spesifikasi bandara IKN sendiri memiliki panjang landasan (runway) 3.000 x 45 meter.

Dengan demikian Bandara IKN akan mampu menjadi pendaratan pesawat berbadan besar (Wide Body). Lebih rinci Budi menyampaikan jenis Boeing 777-300 ER dan Airbus A380 bisa diakomodasi oleh bandara VVIP di IKN.

Bandara IKN mampu menampung kapasitas apron tiga pesawat berbadan besar, satu pesawat berbadan kecil (Narrow Body); atau tujuh pesawat berbadan kecil (Narrow Body); serta kapasitas helipad menampung tiga helikopter.

Terminal Bandara VVIP IKN berada di areal seluas lahan seluas 7000 m2 dengan kawasan VVIP sekitar 1500 m2. Target penyelesaian pembangunan bandara adalah satu tahun. Spesifikasi lain adalah hadirnya sejumlah fasilitas seperti Terminal VVIP, Terminal VIP, Parkir GSE, Pos Pemeriksaan Sisi Udara, Pos Jaga, Hanggar, Cargo, Catering, DPPU, Rumah Pompa, STP & WTP, Substation Power House.

Tambahan lain, Bengkel/GSE Maintenance, Bangunan Ibadah, Perkantoran, Gedung Karantina, Kantin, Rumah Dinas, TPS, Meteorologi, EOC, PKP PK, Power House, Gardu PLN, ATC Tower.

Desain terminal mengusung kearifan lokal dengan hadir nuansa Rumah Panjang, Burung Rangkok, dan lukisan garis lengkung khas Kalimantan.

(dov/roy)

No more pages