Logo Bloomberg Technoz

Dukung IKN, BMKG Mau Bikin 22 Hari Tanpa Hujan di Ibu Kota Baru

Dovana Hasiana
15 July 2024 11:50

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengaku akan mendukung pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN). Cara mengintensifkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan target 22 hari tanpa hujan di ibu kota baru.

Operasi ini sebagai tindak lanjut dari arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang mengeluhkan kondisi cuaca yang menghambat pembangunan fasilitas IKN.

“Sejak 1 Juni 2024 sampai 12 Juni 2024 saat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) belum diterapkan, kejadian hujan terus terjadi di IKN. Kemudian setelah ada penerapan TMC, pada 14 Juni 2024 sampai 16 Juni 2024 praktis tidak ada hujan. Operasi TMC kali ini menargetkan 22 hari tanpa hujan sehingga pembangunan infrastruktur bisa optimal,” ujar Plt Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dalam unggahan di akun Instagram resmi BMKG, dikutip Senin (15/7/2024).

Dwikorita tidak menampik bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim kemarau. Namun, fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) – yang dapat memengaruhi pembentukan awan hujan di Indonesia bagian barat – sedang terjadi dalam beberapa hari terakhir di wilayah Samudra Hindia.

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Berdasarkan data laporan BMKG dan pekerja di pembangunan Bandara Nusantara secara langsung, hanya 8 hari dari total 30 hari yang memiliki cuaca cerah di kawasan IKN. Dengan demikian, operasi TMC sangat mendesak untuk dilakukan demi melancarkan target pembangunan fasilitas bandara di IKN.