Logo Bloomberg Technoz

Netizen pendukung Partai Demokrat juga menyoroti bagaimana anggota parlemen Partai Republik semakin memperkeruh suasana, dengan menyalahkan Biden karena memotivasi upaya pembunuh tersebut.

"Premis utama dari kampanye Biden adalah bahwa Donald Trump adalah seorang fasis otoriter yang harus dihentikan dengan cara apa pun,"  kata Senator Ohio J.D. Vance, yang mungkin menjadi calon wakil presiden Trump, di X. “Retorika itu secara langsung menyebabkan upaya pembunuhan terhadap Presiden Trump.”

Namun, analis jajak pendapat dari Partai Republik, Frank Luntz, mengatakan penembakan tersebut menjamin “setiap pemilih Trump akan benar-benar memilih,” sementara Biden tidak akan dapat mengandalkan kepastian tersebut. Efek terbesar kemungkinan akan terjadi di Pennsylvania — yang harusnya dimenangkan oleh Biden — karena di sanalah penembakan terjadi.

“Jalan panjang dan berliku bagi Joe Biden baru saja menjadi lebih panjang dan berliku,” kata Luntz di X. “Penembakan terhadap Donald Trump akan berdampak signifikan dengan cara yang tidak pernah dikehendaki oleh penembak.”

(del)

No more pages