Logo Bloomberg Technoz

Usai Penembakan, Trending di X Trump Tak Layak jadi Presiden AS

Redaksi
15 July 2024 11:20

Donald Trump Diduga Ditembak. (Dok: Bloomberg)
Donald Trump Diduga Ditembak. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Usai insiden penembakan Donald Trump saat kampanye di Pennsylvania pada Sabtu (13/07/2024), nama mantan presiden AS tersebut muncul di trending topic plaftorm X.

Dukungan demi dukungan diberikan oleh sejumlah tokoh-tokoh besar usai insiden tersebut. Seperti Elon Musk dan Bill Ackman, yang sebelumnya menolak mendukung Trump, kini mengeluarkan pernyataan publik yang mendukung calon dari Partai Republik itu.

Namun, hal sebaliknya terlihat di platform X, dengan tagar #TrumpIsNotFitToBePresident (Trump tak layak menjadi presiden) muncul di trending topic. Tagar tersebut dipenuhi dengan postingan-postingan video atau foto masa lalu Trump yang memperlihatkan pebisnis tersebut tidak kompeten untuk kembali menduduki kursi di Gedung Putih.

Beberapa menyoroti sikap Trump yang mengagung-agungkan kekerasan sepanjang karier politiknya. Mulai dari mendorong peserta kampanye pada 2016 untuk “menghajar” para pengunjuk rasa hingga mengatakan kepada pendukungnya untuk “berjuang sekuat tenaga” pada 6 Januari 2021, tepat sebelum mereka menyerbu Capitol.

"Inilah efek Trump. Dia memunculkan sisi terburuk dari manusia. Dia mengilhami kebencian dan kekerasan," tulis salah satu pengguna X yang mengunggah sebuah video Trump.