Logo Bloomberg Technoz

IHSG Dibuka Fluktuatif Efek Percobaan Pembunuhan Donald Trump

Muhammad Julian Fadli
15 July 2024 09:31

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. (IHSG). (Bloomberg Tachnoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini bergerak fluktuatif sempat menguat, akan tetapi kini bergerak di zona merah dengan kontraksi 8,68 poin (0,12%) ke 7.318 pada Senin (15/7/2024) usai ada peristiwa penembakan terhadap Calon Presiden AS Donald Trump pada hari Minggu kemarin.

Berdasarkan data perdagangan Bursa Efek Indonesia, volume perdagangan tercatat 1,74 miliar saham dengan nilai transaksi Rp839 miliar. Adapun frekuensi yang terjadi sebanyak 103.615 kali.

Sebanyak 209 saham menguat, dan 161 saham melemah. Sementara, 211 saham tidak bergerak.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Pasar keuangan, termasuk saham di regional Asia, berfluktuasi setelah percobaan pembunuhan Donald Trump. Insiden ini semakin memperkuat spekulasi bahwa peluangnya untuk memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada November kian meningkat.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, upaya pembunuhan terhadap Trump yang gagal itu dinilai melejitkan peluangnya melenggang lagi ke Gedung Putih. Pasar juga akan bereaksi terhadap membesarnya peluang tersebut dengan memburu aset-aset yang masuk dalam kategori Safe Haven seperti dolar AS.