Logo Bloomberg Technoz

Gelagat KIM Batal Usung Ridwan Kamil ke Pilkada DKI Jakarta

Redaksi
15 July 2024 09:10

Ilustrasi Artikel Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kabarnya batal maju pada Pilkada DKI Jakarta. Partai Golkar, sebagai wadah politiknya, berencana kembali mengajukan mantan wali kota Bandung tersebut sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat.

Hal ini berkaitan dengan masih lemahnya elektabilitas Ridwan Kamil di wilayah DKI Jakarta. Terutama, dia harus berhadapan dengan mantan calon presiden Pemilu 2024, Anies Baswedan yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi di ibu kota.

Beberapa politikus koalisi Indonesia maju, partai politik pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pemilu 2024, pun mulai menunjukkan sinyal batalkan Ridwan Kamil ke Pilkada DKI Jakarta.

"Sekarang nampaknya RK (Ridwan Kamil) sudah fokus di Jabar. Nanti kita lihatlah perkembangannya," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan kepada wartawan, Ahad (14/7/2024).

Sebelumnya, seluruh anggota KIM memang berniat memboyong Ridwan Kamil untuk menguasai DKI Jakarta. Rencana ini mulai menipis usai sejumlah partai politik lawan mengajukan Anies sebagai cagub pada pilkada mendatang.