Logo Bloomberg Technoz

Resmi Diluncukan BEI, Begini Pengertian IDX Cyclical Economy 30

Sultan Ibnu Affan
15 July 2024 08:45

Logo Bursa Efek Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan IHSG (Muhammad Fadli/Bloomberg)
Logo Bursa Efek Indonesia, Indeks Harga Saham Gabungan IHSG (Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi meluncurkan indeks baru yakni IDX Cyclical Economy 30 hari ini, Senin (15/7/2024). Ini dibuat sebagai acuan bagi para investor dan manajer investasi dalam mengelola portofolio investasi di tengah fluktuasi ekonomi.

Indeks ini mengukur kinerja harga dari 30 saham cyclical berdasarkan subsektor dari IDX Industrial Classification (IDXIC) yang memiliki likuiditas tinggi, kapitalisasi pasar besar, dan fundamental baik.

"Ini mencakup saham dari berbagai sektor cyclical yang dikenal memiliki kinerja yang signifikan dipengaruhi oleh perubahan siklus ekonomi, termasuk di antaranya sektor finansial, barang konsumen non primer, hingga infrastruktur," ujar Sekretaris Perusahaan BEI Kautsar Primadi Nurahmad dalam siaran resminya.

Berdasarkan klasifikasi terebut, IDX ini merupakan saham-saham dari berbagai sektor yang fundamental kinerjanya sangat dipengaruhi oleh perubahan siklus ekonomi, mulai dari finansial, energi, hingga infrastruktur.

Kautsar mengatakan, tahap penentuan konstituen indeks tersebut juga mengecualikan saham yang berada di Papan Pemantauan Khusus (PPK), saham yang selalu diperdagangkan selama 12 bulan, dan sesuai dengan klasifikasi saham cyclical berdasarkan subsektor IDXIC.