Logo Bloomberg Technoz

Kepala Polisi Milwaukee Jeffrey Norman menekankan kesiapan kota tersebut dalam konferensi pers pada Minggu. "Saya hanya ingin meyakinkan tidak hanya komunitas kami yang lebih besar, mereka yang terlibat dalam konvensi, tetapi juga kota kami, kami siap," kata Norman.

Trump bahkan mempercepat jadwalnya untuk hadir dengan mengatakan bahwa dia awalnya mempertimbangkan untuk menunda perjalanannya ke konvensi selama dua hari. Namun dia akhirnya melanjutkan dengan keberangkatan yang dijadwalkan pada sore hari.

“Saya baru saja memutuskan bahwa saya tidak bisa membiarkan seorang 'penembak,' atau calon pembunuh, untuk memaksa perubahan jadwal, atau hal lainnya,” tulisnya di Truth Social.

Bisnis di sekitar wilayah tersebut sudah bersiap menghadapi berbagai protes, yang mencerminkan perpecahan politik yang mendalam di negara tersebut. Koalisi untuk Berbaris (Coalition to March) di RNC, yang terdiri dari puluhan kelompok berbeda, telah mengumumkan demonstrasi besar-besaran untuk menyuarakan penentangan terhadap kebijakan Partai Republik dan mendukung isu-isu mulai dari hak LGBTQ+ hingga hak imigrasi dan perang Israel-Hamas.

Untuk memperkuat langkah-langkah keamanan, tambahan personel penegak hukum dari seluruh Wisconsin dan Chicago telah dikerahkan. Para pejabat telah menetapkan zona perimeter terbatas di sekitar tempat-tempat konvensi.

“Kami telah mengerjakan rencana keamanan RNC selama lebih dari setahun dan terus berkoordinasi dengan mitra kami dan Komite Nasional Partai Republik,” kata Audrey Gibson-Cicchino, koordinator RNC untuk Dinas Rahasia.

Beberapa perusahaan di daerah tersebut mengambil tindakan pencegahan ekstra. Accenture, yang terletak hanya beberapa blok dari pusat konvensi, mengingatkan karyawannya pada hari Minggu bahwa kantornya di pusat kota Milwaukee akan ditutup minggu ini.

“Keamanan dan kesejahteraan Anda adalah prioritas,” kata Manish Sharma, kepala Accenture Amerika Utara dalam email kepada karyawan yang berjudul “Penembakan di Kampanye Trump.”

Bulan lalu, perusahaan konsultan tersebut menginformasikan kepada karyawan Milwaukee dan Chicago bahwa kantor akan ditutup selama konvensi Partai Republik dan Demokrat, masing-masing karena kemungkinan gangguan dan protes lokal.

Menanggapi masalah keamanan terbaru, The Daily Show dari Comedy Central membatalkan rencana syuting di Milwaukee pada Senin. Mereka memilih untuk melanjutkan produksi di New York City keesokan harinya.

Menjelang dimulainya konvensi resmi, Secret Service menutup jalan-jalan utama, termasuk Jembatan Hoan, untuk acara “Red, White and Brew” di Taman Festival Henry Maier pada Minggu malam. Acara yang diprediksi menarik 15.000 peserta ini akan menampilkan penampilan bintang musik country Trace Adkins.

Langkah-langkah keamanan yang diumumkan sebelumnya oleh Secret Service menunjukkan bahwa konvensi tersebut akan memiliki dua perimeter: zona luar yang memungkinkan akses pejalan kaki dengan pos pemeriksaan kendaraan, dan perimeter dalam yang lebih ketat terbatas pada personel yang memiliki tanda pengenal atau pemegang tiket.

Di negara bagian yang mengizinkan membawa senjata api secara terbuka, para pejabat pada hari Minggu mengakui bahwa beberapa senjata api mungkin diizinkan dalam perimeter luar.

Forum Fiserv menjelang Konvensi Nasional Partai Republik (RNC) di Milwaukee, Wisconsin, AS. (Fotografer: Eva Marie Uzcategui/Bloomberg)

Di bagian lain di AS, penasihat kampanye utama Trump, Chris LaCivita dan Susie Wiles, menyarankan staf RNC di Washington dan West Palm Beach untuk menghindari kantor-kantor tersebut karena mereka sedang memperhitungkan keamanan lokasi tersebut.

Lebih jauh lagi, insiden pada Sabtu malam, yang mengakibatkan kematian satu peserta kampanye dan pelaku penembakan, mungkin juga mempengaruhi persiapan untuk Konvensi Nasional Partai Demokrat di Chicago bulan depan.

Departemen Kepolisian Chicago mengatakan sedang bekerja sama dengan otoritas federal sambil memantau perkembangan yang terjadi dari penembakan Trump saat kampaye di Pennsylvania.

“Seperti biasa, kepolisian Chicago akan menilai dan menyesuaikan sumber daya sesuai kebutuhan secara real-time, berdasarkan intelijen dan apa yang kami lihat di lapangan untuk melindungi seluruh kota,” kata departemen kepolisian dalam sebuah posting di X.

(bbn)

No more pages