Logo Bloomberg Technoz

Setelah serangan Sabtu lalu — dengan foto Trump yang memberontak dengan tangan diangkat di atas kepalanya dan telinga kanannya yang berdarah — peluangnya untuk kembali menjadi presiden meningkat, menurut data PredictIt.

Donald Trump Diduga Ditembak. (Dok: Bloomberg)

Dukungan Trump terhadap kebijakan fiskal yang lebih longgar dan tarif yang lebih tinggi umumnya dianggap akan menguntungkan dolar dan melemahkan Treasury. Imbal hasil melonjak setelah penampilan buruk Joe Biden dalam debat bulan lalu, yang menunjukkan sensitivitas Treasury — terutama sekuritas dengan jatuh tempo yang lebih panjang.

Para trader kini memikirkan seberapa besar dampak yang sudah dipertimbangkan pasar karena peluang Trump terpilih sebagai presiden terus meningkat. Tindakan yang dilakukan pada Senin ini juga mengikuti apa yang banyak dianggap sebagai minggu penting dalam perjuangan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) melawan inflasi, dengan laporan ekonomi yang memperkuat spekulasi dua kali pemotongan suku bunga pada 2024.

"Sangat mengejutkan bahwa bahwa pasar belum bereaksi lebih banyak terhadap ketidakpastian yang meningkat akibat percobaan pembunuhan Trump di jam perdagangan awal,” kata Lloyd Chan, seorang ahli strategi di MUFG di Singapura. “Mungkin dolar AS masih terbebani oleh ekspektasi pasar yang lebih dovish terhadap pemotongan suku bunga The Fed setelah serangkaian tekanan harga yang lebih dingin dan data ekonomi yang lebih lemah dari AS.”

Aset-aset lain yang positif terkait dengan Trump Trade mencakup saham-saham perusahaan energi, operasi penjara, perusahaan kartu kredit, dan perusahaan asuransi kesehatan. Saham energi terbarukan bisa terpuruk. Bitcoin mungkin akan naik lebih tinggi, mengingat daya tariknya bagi investor yang mencari lindung nilai dari ketegangan politik di luar aset keuangan konvensional, serta sikap pro-kripto Trump.

“Dari sudut pandang pasar, saya berpendapat bahwa jika Trump muncul sebagai pemenang yang lebih jelas, maka kita harus melihat penurunan yang lebih tajam seperti yang kita lihat setelah debat,” kata Michael Purves di Tallbacken Capital. “Dalam hal ekuitas, menurut saya hal ini tidak mengubah lintasan secara keseluruhan, meskipun beberapa saham yang akan mendapat keuntungan dari pajak perusahaan yang lebih rendah dan regulasi yang lebih rendah.”

China

Ketika dampak penembakan Trump mereda, para trader akan fokus pada keputusan suku bunga utama dari bank sentral China atau People’s Bank of China (PBOC) dan dimulainya pertemuan tertutup yang diharapkan akan menetapkan kebijakan jangka panjang terkait berbagai isu ekonomi dan politik.

Diperkirakan fasilitas pinjaman jangka menengah satu tahun tidak akan berubah pada 2,5% karena bank sentral fokus pada stabilitas mata uang meskipun inflasi lemah, konsumsi lesu, dan penurunan sektor perumahan, menurut Bloomberg Intelligence. Tak lama setelah keputusan tersebut, data aktivitas ekonomi, termasuk PDB, penjualan ritel, dan output produksi juga akan dirilis saat Presiden Xi Jinping menggelar pertemuan hari pertama Sidang Pleno ketiga.

"Ekspektasi terhadap pertemuan ini dapat menghasilkan inisiatif kebijakan yang inovatif dan secara material meningkatkan keyakinan terhadap perekonomian China sangat rendah," kata ahli strategi Bank Commonwealth Australia yang dipimpin oleh Joseph Capurso. “Meskipun begitu, pasar akan mencermati apakah pemerintah memberi sinyal lebih banyak terhadap kebijakan sisi permintaan, misalnya untuk merangsang belanja konsumen atau belanja infrastruktur yang dapat memberikan dorongan bagi yuan China, dolar Australia, dan dolar Selandia Baru.”

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • Kontrak berjangka S&P 500 sedikit berubah pada pukul 8:24 pagi waktu Tokyo
  • Hang Seng berjangka turun 0,5%
  • S&P/ASX 200 berjangka naik 0,6%

Mata uang

  • Bloomberg Dollar Spot index naik 0,2%
  • Euro turun 0,2% menjadi $1,0885
  • Yen Jepang turun 0,3% menjadi 158,37 per dolar
  • Yuan offshore 0,1% menjadi 7,2803 per dolar
  • Dolar Australia turun 0,2% menjadi $0,6769

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi 10 tahun Australia turun satu basis poin menjadi 4,32%

Mata uang kripto

  • Bitcoin naik 1,7% menjadi $61,161.39
  • Eter naik 2,1% menjadi $3,266.77

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,2% menjadi $82,38 per barel
  • Harga emas di pasar spot turun 0,2% menjadi $2,406.21 per ounce

Artikel ini diproduksi dengan bantuan Bloomberg Automation.

(bbn)

No more pages