Logo Bloomberg Technoz

Namun, sekarang kekhawatiran juga muncul mengenai produksi arabika Brasil karena cuaca kering akhir tahun lalu yang merusak perkembangan tanaman, menghasilkan biji yang lebih kecil. Robusta, yang digunakan dalam minuman kopi instan, juga berada di harga tertinggi sejak data tersedia pada 2008.

Minyak Sawit

Pergerakan ekspor minyak sawit Malaysia. (Sumber: Bloomberg)

Persediaan minyak sawit di Malaysia meningkat karena ekspor dari produsen global nomor 2 itu merosot bulan lalu, menekan harga minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Persediaan naik 4,4% pada Juni dibandingkan bulan sebelumnya dan berada di level tertinggi sejak Februari.

Kontrak berjangka yang diperdagangkan di Kuala Lumpur mengalami penurunan mingguan terburuk sejak pertengahan April pekan lalu karena kekhawatiran meningkatnya stok serta persaingan dari pasokan minyak kedelai yang melimpah dari Amerika Selatan dan AS.

Emas

Grafik pergerakan emas. (Sumber: Bloomberg)

Emas telah mendekati rekor tertinggi baru karena investor meningkatkan spekulasi bahwa inflasi yang mendingin akhirnya akan memicu penurunan suku bunga AS. Emas spot hampir mendekati rekor tertinggi sepanjang masa di bulan Mei yaitu US$2.450,07 per ounce pekan lalu, naik sedikit lebih tinggi ketika data ekonomi mendukung spekulasi bahwa The Fed segera dapat melanjutkan penurunan suku bunga.

Suku bunga yang lebih rendah cenderung menguntungkan emas yang tidak memberikan bunga. Kenaikan emas sebesar 16% tahun ini juga didukung oleh pembelian bank sentral yang kuat dan lonjakan minat investor, terutama di China, serta permintaan sebagai aset aman di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik.

Minyak

Grafik pergerakan emas. (Sumber: Bloomberg)

Indikator volatilitas pasar minyak berada di level terendah sejak Juni 2015, dengan risiko geopolitik yang terus berlanjut di seluruh dunia yang diimbangi oleh kekhawatiran bahwa pertumbuhan ekonomi dapat tersendat. Minyak mentah Brent berjangka - patokan internasional - telah berfluktuasi sekitar US$15 per barel sejak Februari. Seiring dengan berkembangnya persepsi bahwa harga cenderung tidak akan mengalami reli atau aksi jual besar-besaran, permintaan terhadap perlindungan opsi telah menyusut.

Volatilitas tersirat Brent pada bulan kedua - penanda kunci untuk penetapan harga opsi yang sebagian mencerminkan ekspektasi perubahan harga - turun ke level terendah dalam sembilan tahun pekan lalu.

LNG

Volume kontrak LNG AS. (Sumber: Bloomberg)

Pembekuan izin LNG baru oleh Presiden AS Joe Biden berdampak buruk pada pembuatan kesepakatan LNG AS, dibandingkan dengan lonjakan kesepakatan jangka panjang yang terjadi setelah invasi Rusia ke Ukraina pada awal 2022. Pembangunan proyek ekspor LNG membutuhkan investasi miliaran dolar dan bagi hampir semua pengembang, bergantung pada pengamanan kontrak ini untuk menarik pembiayaan.

AS adalah eksportir LNG teratas di dunia, jadi berapa banyak proyek yang dibangun yang memungkinkan ekspor AS dikirim ke pasar utama di Eropa dan Asia akan bergantung pada kemauan politik - dan hasil pemilu AS pada November.

(bbn)

No more pages