Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham AS Stabil Meskipun ada Serangan Terhadap Donald Trump

News
15 July 2024 06:40

Wall Street (Dok: Bloomberg)
Wall Street (Dok: Bloomberg)

Jessica Menton dan Natalia Kniazhevich - Bloomberg News

Bloomberg, Indeks saham berjangka AS dibuka sedikit berubah, karena investor mempertimbangkan implikasi pasar dari serangan terhadap Donald Trump yang mengancam mengganggu pemilu AS.

Kontrak berjangka pada indeks S&P 500 untuk bulan September naik 0,1% pada pukul 06.04 sore di New York, sementara kontrak Nasdaq 100 bergerak dengan sedikit perubahan. Perdagangan awal menunjukkan sedikit kekhawatiran, dengan perdagangan berjangka Cboe VIX bulan Juli diperdagangkan pada 12,89, naik dari 12,83 pada penutupan Jumat (12/07/2024).

Namun, percobaan pembunuhan mantan presiden ini mengancam untuk mengguncang ketenangan yang baru-baru ini mendorong indeks S&P 500 dari satu rekor ke rekor berikutnya. Hal ini memaksa para trader yang telah fokus pada kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) dan ketahanan ekonomi untuk mempertimbangkan implikasi politik saat mereka masuk ke musim perdagangan musim panas.

Meskipun para trader umumnya tidak memperkirakan percobaan pembunuhan Trump akan menghentikan pergerakan pasar saham, lonjakan fluktuasi harga dalam jangka pendek kemungkinan besar terjadi. Mereka juga akan menghadapi awal musim laporan keuangan dan data ekonomi baru yang dapat membantu menentukan jalur kebijakan The Fed.

Grafik kinerja S&P 500. (Sumber: Bloomberg)