Logo Bloomberg Technoz

FBI menyelidiki insiden itu sebagai upaya pembunuhan serta potensi kejadian terorisme dalam negeri, menurut asisten direktur FBI Robert Wells.

Trump mengatakan bahwa dia mengalami luka tembak di telinga kanannya. Seorang pejabat FBI mengatakan pada Minggu (14/05/2024) bahwa mereka tidak memiliki detail tambahan tentang kondisi Trump. Menurut pejabat Pennsylvania, Corey Comperatore (50 tahun) tewas dalam penembakan dan dua orang lainnya terluka.

Jaksa Agung Merrick Garland, berbicara di awal pengarahan pada Minggu, mengatakan bahwa dia "bersyukur mantan Presiden Trump aman setelah upaya pembunuhan mengerikan kemarin" dan mengucapkan belasungkawa kepada keluarga Comperatore.

"Kekerasan yang kita lihat kemarin adalah serangan terhadap demokrasi kita sendiri," kata Garland. "Departemen Kehakiman tidak mentolerir kekerasan seperti itu, dan sebagai warga Amerika, kita tidak boleh menoleransi hal itu. Ini harus dihentikan."

Para pejabat mengatakan bahwa mereka belum mengidentifikasi ideologi apa pun yang terkait dengan penembak, dan sedang menyelidiki bukti digital dan akun media sosial penembak. Mereka mengonfirmasi laporan sebelumnya bahwa sebuah perangkat mencurigakan ditemukan di mobil Crooks — seorang pejabat mengatakan bahwa perangkat tersebut tampak "belum sempurna" berdasarkan evaluasi awal — dan bahwa perangkat itu telah "diamankan" dan sedang dianalisis.

Rojek mengatakan bahwa FBI telah menerima lebih dari 2.000 laporan sejauh ini. FBI belum mengidentifikasi catatan Crooks pernah berinteraksi dengan penegak hukum sebelumnya, dan sejauh ini tidak menemukan bukti bahwa dia mengungkapkan ancaman sebelum insiden itu, katanya.

U.S. Secret Service, yang bertanggung jawab melindungi Trump sebagai mantan presiden serta kandidat, telah menjadi sorotan setelah serangan itu. Badan tersebut mengatakan bahwa pelaku telah melepaskan tembakan ke panggung dari area yang lebih tinggi di lokasi, dan tewas dibunuh personel Secret Service.

Para pejabat mengatakan bahwa sementara penyelidikan FBI saat ini difokuskan pada penembakan dan bukan pertanyaan lebih luas tentang bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Akan ada penyelidikan penuh mengenai kronologi penembakan tersebut dan bagaimana kejadiannya.

(bbn)

No more pages