Logo Bloomberg Technoz

Menhub Budi Karya Ungkap Kendala Pembangunan Bandara IKN

Sultan Ibnu Affan
14 July 2024 13:45

Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)
Ibu Kota Nusantara (IKN). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeberkan kendala dalam pembangunan Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) disebabkan adanya guyuran hujan yang terjadi terus-menerus di wilayah Kalimantan Timur.

Dia mengatakan bahwa dari total 30 hari dalam sebulan hanya ada 8 hari cerah di kawasan IKN. Jika kondisi ini terus terjadi target, pembangunan sejumlah fasilitas Bandara IKN berpotensi mundur dari rencana awal. 

"Dari pembicaraan saat rapat dan pengalaman yang saya alami sendiri di lapangan, tantangan terbesar dalam pembangunan infrastruktur di IKN adalah cuaca,"ujarnya dalam siaran resmi, dikutip Minggu (14/7/2024).

Oleh karena itu, Budi menginstruksikan memodifikasi cuaca untuk terus ditingkatkan dalam beberapa bulan ke depan. Dia melanjutkan, BMKG pun telah melakukan upaya modifikasi cuaca dan umumnya berhasil mengurangi intensitas hujan.

Itu terbukti sejak tanggal 1 Juni 2024 sampai 12 Juni 2024 dikala Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) belum diterapkan, kejadian hujan terus terjadi di IKN. Kemudian setelah ada penerapan TMC, tanggal 14 Juni 2024 sampai tanggal 16 Juni 2024 praktis tidak ada hujan.