Logo Bloomberg Technoz

Jika membandingkannya dengan Jepang, pengekspor budaya lain di Asia Utara, produksi Korea Selatan masih relatif kecil—tetapi media sosial membantu mempersempit kesenjangan tersebut.

Konten di TikTok milik ByteDance Ltd semakin berkembang untuk membahas topik-topik seperti makanan Korea dan K-drama. 

Hal ini mendorong keterlibatan, meme, dan penjualan produk di dunia nyata. Dalam sebuah kasus, penjualan mie Buldak naik tinggi setelah rapper Cardi B mengulasnya dalam video dan mengumpulkan hampir 40 juta penonton. 

Ulasan yang lantas membuat saham produsen mie Korea, Samyang Foods Co mencapai rekor tertinggi tahun ini.

Mi Buldak meraih efek positif dari sebuah review yang dilakukan Cardi B di TikTok.

Korea Selatan terkenal dengan ekspor barang fisiknya - dari semikonduktor hingga mobil dan peralatan - dan  masih mendominasi dalam hal ekonomi.

Jangkauan Hallyu yang terus berkembang memiliki efek menjanjikan untuk meningkatkan soft power  negara dan merek-mereknya yang kurang terukur. Hallyu telah memupuk generasi baru multimillionairesdari bidang kreatif seperti K-pop dan webtoon.

Di Korea Selatan, jumlah pengguna TikTok lebih kecil dibandingkan YouTube dan Instagram. Terlepas dari pengaruh aplikasi ini dalam menyebarkan kesadaran tentang budaya K secara internasional, pengguna lokal lebih tertarik pada platform lain.

Namun di AS dan Asia Tenggara, penelitian menemukan bahwa sekitar 80% pengguna menemukan budaya Korea melalui TikTok.

“Jika Anda melihat kisah sukses tren global dalam K-content, mereka sering kali dipicu oleh konten sekunder dari para kreator Asia Tenggara. Hal ini menunjukkan bahwa pasar Asia Tenggara berperan sebagai pintu gerbang dan pusat tren viral global dalam konten K,” ujar Hyunho Son, general manager solusi bisnis global di TikTok Korea.

Keinginan akan budaya Korea muncul di saat TikTok memperluas bisnis e-commerce-nya melalui TikTok Shop di AS dan di seluruh Asia Tenggara.

Produk Korea merupakan salah satu segmen yang paling menjanjikan untuk platform sosial ini. Dengan fakta memperlihatkan, lebih dari separuh pengguna TikTok telah membeli makanan atau barang kosmetik Korea secara langsung di TikTok Shop, menurut perusahaan.

Pengeluaran global saat ini untuk musik Korea - termasuk tiket konser dan konten - diperkirakan akan tumbuh menjadi sekitar US$11,6 miliar tahun ini, sementara pengeluaran untuk produk kecantikan dan makanan Korea juga diperkirakan akan tumbuh menjadi lebih dari US$20 miliar, menurut laporan tersebut.

Momentum ini kemungkinan akan berlanjut tahun depan, dengan tujuh dari setiap 10 pengguna TikTok di AS dan Asia Tenggara mengindikasikan bahwa pengeluaran mereka untuk K-food dan K-beauty akan meningkat tahun depan, demikian laporan tersebut.

(bbn)

No more pages