Logo Bloomberg Technoz

Lantas, bagaimana sejarah Presiden dan kandidat di AS menerima insiden penembakan serupa? Berikut adalah beberapa upaya pembunuhan terhadap presiden dan kandidat presiden AS sebelumnya.

Donald Trump

Bukan kali ini saja, pada kampanye Trump tahun 2016 lalui, seorang pria Inggris berusia 20 tahun berusaha mengambil senjata dari seorang petugas polisi Las Vegas di rapat umum Trump di sana. 

Dia kemudian mengatakan kepada polisi bahwa dia mencoba membunuh Trump, dan mengaku bersalah atas pelanggaran merebut senjata api federal dan dianggap menjadi sebuah 'gangguan'.

Ronald Reagan

Pada tanggal 30 Maret 1981, John Hinckley Jr. melepaskan enam tembakan ke arah presiden di Washington, dan mengenai Reagan dan tiga orang lainnya. 

Reagan, yang menjadi Presiden saat itu terluka parah, tetapi pulih setelah operasi darurat. Tiga korban lainnya juga selamat. Hinckley segera ditangkap dan dirawat di institusi perawatan psikiatris hingga 2016, atau 12 tahun setelah kematian Reagan.

Gerald Ford

Seorang bernama Lynette “Squeaky” Fromme, pengikut pemimpin aliran sesat Charles Manson, mencoba menembak Ford di Sacramento, California pada 5 September 1975. Tiga minggu kemudian, Sara Jane Moore melepaskan tembakan ke Ford di San Francisco, menjadikan kedua wanita tersebut sebagai korban, sekaligus menjadi calon pembunuh wanita paling terkemuka dalam sejarah AS.

Robert F. Kennedy

Sirhan Sirhan menembak dan membunuh Robert F. Kennedy, yang saat itu menjadi kandidat dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat, di Los Angeles pada tanggal 5 Juni 1968, kurang dari lima tahun setelah pembunuhan kakak laki-lakinya. 

Insiden itu membuat Sirhan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Putra Kennedy, Robert F. Kennedy Jr., mencalonkan diri sebagai calon presiden independen pada tahun 2024.

John F. Kennedy

Pada 22 November 1963, Lee Harvey Oswald menembak dan membunuh presiden Kennedy di Dallas, Texas. Pembunuhan tersebut terus memicu perdebatan tentang apakah Oswald bertindak sendiri, setelah Oswald dibunuh oleh pemilik restoran Jack Ruby dua hari kemudian. Oswald diketahui juga merupakan mantan Anggota marinir AS.

Theodore Roosevelt

Roosevelt merupakan mantan Presiden yang berkampanye untuk kembali ke Gedung Putih ketika dia ditembak saat berpidato di Milwaukee pada 14 Oktober 1912.  Dilindungi oleh teks pidatonya setebal 50 halaman dan kotak kacamata di sakunya, dia melanjutkan pidatonya dan segara pulih.

Namun dalam pemilu itu, dia akhirnya kalah dari Woodrow Wilson. Calon pembunuhnya diketahui bernama John Schrank. Dia kemudian dinyatakan gila secara hukum dan dilembagakan sampai kematiannya.

William McKinley

Lalu, McKinley ditembak di Buffalo, New York pada 6 September 1901, dan kemudian meninggal karena luka-lukanya, mengangkat Wakil Presiden Roosevelt menjadi presiden.

Penembak itu diketahui seorang Anarkis bernama Leon Czolgosz. Dia langsung dihukum mati karena pembunuhan tersebut.

James Garfield

Garfield ditembak di Washington pada 2 Juli 1881. Dia meninggal karena komplikasi luka dua bulan kemudian. Penulis sekaligus pengacara bernamaa Charles Guiteau dihukum karena kejahatan tersebut dan dijatuhi hukuman mati.

Abraham Lincoln

Lincoln ditembak dan dibunuh di Washington pada tanggal 14 April 1865, oleh John Wilkes Booth, seorang aktor terkenal dan simpatisan Konfederasi, yang terbunuh setelah perburuan yang berlangsung hampir dua minggu.

(bbn)

No more pages