Logo Bloomberg Technoz

Makna di Balik Prabowo Sebut Keamanan Negara Lebih Penting

Sultan Ibnu Affan
14 July 2024 11:00

Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto menaiki kendaraan taktis operasional TNI “Maung”. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)
Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto menaiki kendaraan taktis operasional TNI “Maung”. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengamat Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli menilai pernyataan Prabowo Subianto yang menyinggung soal pembangunan infrastruktur usai Presiden Jokowi menerbitkan Perpres mendukung percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), merupakan hal yang wajar.

Menteri Pertahanan Jokowi itu mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur di berbagai sektor akan menjadi percuma jika negara tak mampu melindungi rakyatnya. Hal tersebut ia ungkapkan saat memberikan pembekalan kepada ratusan calon perwira remaja TNI-Polri di Jakarta, Sabtu (13/7/2024) kemarin.

"Pernyataan itu bisa dipahami karena dua hal. Pertama, selama ini memang aspek pertahanan, khususnya terkait dengan Alusista yang dimiliki TNI sangat terbatas dan tertinggal dengan negara lain," ujar Lili Romli saat dihubungi, Minggu (14/7/2024).

Pernyataan tersebut, kata Lili, juga sejalan dengan latar belakang Prabowo yang cukup lama bergelut dalam bidang militer.

Dengan melihat kondisi tersebut, lanjut dia, Prabowo secara naluriah maupun logika pasti akan memperkuat infrastruktur pertahanan agar negara semakin kuat.