Logo Bloomberg Technoz

"Proyek smelter Amman kini tengah berada dalam proses komisioning, yang direncanakan akan berlangsung selama lima bulan sejak awal Juni. Salah satu tahap dalam proses komisioning tersebut adalah masuknya konsentrat tembaga sebagai feed smelter. Sementara itu, produksi katoda tembaga pertama dari smelter dijadwalkan pada kuartal keempat tahun 2024,” jelas Presiden Direktur AMNT, Rachmat Makkasau dalam keterangannya, dikutip Sabtu (13/7/2024).

Pekerja di smelter katoda tembaga./Bloomberg-Oliver Bunic

Pada 2023, kontribusi AMNT terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Kabupaten Sumbawa Barat disebut mencapai 82%, sehingga menegaskan pentingnya peran perusahaan ini dalam perekonomian daerah.

Tak hanya itu, dalam pembangunan smelter ini, AMNT bekerja sama dengan kontraktor internasional seperti China Non-ferrous Metal Industry's Foreign Engineering and Construction Co., Ltd (NFC) dan PT Pengembangan Industri Logam (PT PIL) untuk memastikan proyek ini memenuhi standar global tepat waktu.

Harapannya, proyek ini menjadi salah satu fasilitas peleburan double-flash tercepat yang dibangun di luar China.

Selain upaya pembangunan smelter, AMNT juga meraih prestasi penting dalam bidang pengamanan. Baru-baru ini mereka memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan Objek Vital Nasional (SMP Obvitnas) dari Mabes Polri, dengan kategori Gold dan nilai kepatuhan mencapai 90,44%.

Sertifikasi ini diberikan berdasarkan Keputusan Presiden No. 63 Tahun 2004 dan Peraturan Kepolisian Republik Indonesia No. 7 Tahun 2019, yang mengatur tentang pengamanan objek vital nasional.

Sertifikasi ini merupakan hasil dari proses audit menyeluruh, mencakup lima aspek utama dalam elemen pengamanan: komitmen dan kebijakan, pola pengamanan, konfigurasi pengamanan, kemampuan pelaksanaan pengamanan, serta monitoring dan evaluasi.

"Keberhasilan ini juga merupakan langkah strategis dalam mengeliminasi potensi ancaman dan gangguan, serta meningkatkan keamanan operasional secara sistematis," kata Rachmat.

AMNT juga telah menandatangani Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja Teknis Jasa Pengamanan Obvitnas dengan Polda NTB untuk memperkuat keamanan dan pengawasan selama proses pembangunan smelter.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya perusahaan dalam memperkuat sistem manajemen pengamanan yang baru-baru ini disertifikasi.

(prc/wdh)

No more pages