Logo Bloomberg Technoz

Smelter Tembaga Amman Sudah 95,5%, Mulai Produksi Kuartal IV-2024

Pramesti Regita Cindy
13 July 2024 16:30

Proyek Amman Mineral di wilayah Batu Hijau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Dok. Waskita Beton Precast)
Proyek Amman Mineral di wilayah Batu Hijau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Dok. Waskita Beton Precast)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), pengelola tambang tembaga dan emas di Indonesia, sedang menyelesaikan proses komisioning smelter tembaga di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemajuan proyek yang juga merupakan proyek strategis nasional (PSN) ini, per 31 Mei 2024 telah mencapai 95,5% dan diperkirakan akan memulai produksi katoda tembaga pada kuartal IV tahun 2024.

Smelter ini dirancang memiliki kapasitas input terpasang sebesar 900.000 ton konsentrat per tahun (ktpa) dan akan menghasilkan 222.000 ton katoda tembaga per tahun (tpa), serta produk sampingan berupa asam sulfat, emas batangan, perak batangan, dan selenium.

Sementara itu, konstruksi fisik dan penyelesaian mekanis telah selesai, dengan sisa progres sebesar 5% yang merupakan tahapan komisioning.

Proses ini dimulai pada awal Juni 2024 dan dijadwalkan berlangsung selama lima bulan, meliputi berbagai pengujian peralatan dan infrastruktur untuk memastikan semua sistem berfungsi optimal sebelum produksi komersial dimulai.