Logo Bloomberg Technoz

"Saya akan mengalahkan Presiden Putin, Presiden Zelenskiy. Saya sangat fokus untuk mengalahkan Putin," kata Biden sambil mengoreksi ucapannya sendiri.

Tak hanya itu, pada saat debat pertama Biden dicap tampil buruk saat berhadapan dengan Donald Trump.

Saat dikonfirmasi saat itu, Biden mengaku jet lag, karena ia melakukan perjalan ke Prancis dan Italia beberapa pekan menjelang debat melawan Donald Trump.

"Saya tidak menunjukkan malam terbaik saya, tetapi faktanya Anda tahu. Saya tidak terlalu pintar. Saya memutuskan untuk berkeliling dunia beberapa kali, melewati sekitar 100 zona waktu. Sebenarnya, menurut saya sekitar 15 zona waktu," kata Biden kepada para penyumbang Partai Demokrat di acara penggalangan dana di Virginia pada Selasa (02/07/2024).

“Saya tidak mendengarkan staf saya dan kembali, hampir tertidur di atas panggung. Itu bukan alasan tapi itu penjelasan,” kata Biden, menyampaikan beberapa pernyataan yang paling panjang tentang kondisinya selama debat pertama dengan Trump dalam siklus pemilu ini.

Sejak saat itu, Biden menghadapi keraguan yang semakin besar dari para donatur, pendukung, dan rekan-rekan sesama anggota Partai Demokrat, yang khawatir dia tidak lagi memiliki kemampuan untuk mengalahkan Donald Trump dari Partai Republik pada Pemilu November mendatang, atau memimpin negara untuk masa jabatan empat tahun ke depan.

Kampanye Biden sudah berada di ujung tanduk selama dua pekan, sejak penampilan debat yang buruk saat menghadapi Donald Trump, rivalnya dari Partai Republik yang berusia 78 tahun.

Sejauh ini, 13 dari 213 anggota Partai Demokrat di DPR dan salah satu dari 51 anggota Partai Demokrat di Senat telah meminta secara terbuka kepada Biden untuk mundur dari pencalonan. Lebih banyak lagi yang akan menyatakan keprihatinan mereka jika ia tampil buruk dalam konferensi persnya

Diduga idap Parkinson

Penampilan debat Biden yang kaku saat melawan Donald Trump dari Partai Republik memicu pertanyaan tentang ketajaman mentalnya, sehingga mendorong beberapa anggota Kongres dari Partai Demokrat meminta presiden berusia 81 tahun itu untuk mundur dari persaingan.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre menolak untuk mengatakan mengapa dokter spesialis tersebut melakukan beberapa kali kunjungan, meskipun ada banyak pertanyaan dari para reporter--namun ia menegaskan bahwa Biden tidak sedang menjalani perawatan.

"Apakah presiden pernah dirawat karena Parkinson? Tidak. Apakah dia dirawat karena Parkinson? Tidak, dia tidak. Apakah dia minum obat untuk Parkinson. Tidak," kata Jean-Pierre kepada wartawan.

Jean-Pierre bersikeras bahwa Gedung Putih tidak menyembunyikan informasi kesehatan tentang Biden, dan menyatakan bahwa dia tidak dapat mengungkapkan rincian lebih lanjut karena personel militer yang ditempatkan di sana juga menerima perawatan dari medis.

"Saya mencoba menjawab pertanyaan agar Anda dapat menghubungkan titik bahwa ada beberapa ahli saraf yang datang--bukan ahli saraf, spesialis--yang datang ke sini karena ada sekitar, sekitar, lebih dari 1.000 personel militer di sini," kata Jean-Pierre.

(spt)

No more pages