Logo Bloomberg Technoz

Levin, yang merilis pernyataan sesaat setelah panggilan itu mendorong Biden untuk mundur, adalah salah satu dari 19 anggota Demokrat di kongres yang secara terbuka meminta presiden untuk mundur dari perlombaan karena kekhawatiran tentang usianya, ketajaman mental, dan kemampuannya untuk mengalahkan Trump pada November. Kantor Levin mengatakan detail panggilan dengan Biden bersifat pribadi.

Sikap ini adalah pembalikan dramatis bagi Levin dibandingkan dengan pemilihan paruh waktu 2022, di mana dia mendukung Biden pada saat mayoritas Demokrat rentan menjauhi presiden. Biden bahkan mengunjungi distrik Levin untuk berkampanye untuknya sesaat sebelum Hari Pemilihan.

Levin mengatakan dia memiliki "penghargaan luar biasa" atas prestasi Biden sebagai presiden "tetapi saya percaya saatnya telah tiba bagi Presiden Biden untuk melepas tongkat estafet."

Senator California Alex Padilla, pendukung kuat Biden yang berada dalam panggilan tersebut dan mengonfirmasi pertukaran tersebut setelah dilaporkan, mengatakan dia kecewa bahwa Levin menantang Biden selama pertemuan virtual tersebut.

Padilla mengatakan, "Respons Biden bagus, dia seorang profesional."

Menurut cuplikan transkrip yang disediakan oleh orang yang akrab dengan panggilan tersebut, Biden menanggapi Levin dengan mengatakan bahwa "saya keluar dan membiarkan orang-orang menyentuh saya, menggoda saya, bertanya kepada saya" untuk "menunjukkan kepada orang-orang segalanya mulai dari seberapa baik saya bergerak hingga seberapa banyak pengetahuan saya dan bahwa saya masih dalam kendali yang baik."

Pada hari Jumat, dia pergi ke acara kampanye di Detroit, membawa usahanya ke negara bagian penuh perubahan Michigan.

Biden mengadakan konferensi pers penting pada Kamis malam yang termasuk kesalahan yang mencolok — dia menggunakan nama Trump saat merujuk kepada calon mitranya — tetapi pendukung melihatnya sebagai demonstrasi bahwa dia menguasai isu-isu kebijakan luar negeri kompleks dalam percakapan yang tidak disiapkan.

Presiden berusia 81 tahun itu dengan tegas menyatakan bahwa dia terus maju dengan kampanyenya.

“Saya bertekad untuk maju,” kata Biden, menambahkan bahwa dia hanya akan mundur jika ajudannya mengatakan kepadanya bahwa dia tidak bisa menang, sesuatu yang "saat ini tidak ada yang menyarankan."

Biden Defections Grow. (Sumber: Bloomberg Reporting)

(bbn)

No more pages