Logo Bloomberg Technoz

Para pedagang saham mengabaikan data sentimen konsumen yang lemah dan lebih fokus pada prospek penurunan suku bunga yang berpotensi menguntungkan perusahaan-perusahaan Amerika. 

Data juga menunjukkan harga produsen naik sedikit lebih tinggi dari perkiraan, tetapi kategori yang digunakan untuk menghitung ukuran inflasi favorit The Fed, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi, tidak terlalu buruk.

"Kami terus memperkirakan Fed akan bergabung dengan siklus pemotongan suku bunga global pada bulan September,dengan penurunan 50 basis poin tahun ini," kata Mark Haefele dari UBS Global Wealth Management.

S&P 500 naik ke sekitar 5.615, mencatat kenaikan mingguan ke-10 dalam 12 minggu. Nvidia Corp. memimpin kenaikan di sektor teknologi. Tesla Inc. reli sehari setelah jatuh lebih dari 8%. Meta Platforms Inc. turun 2,7%.

Wells Fargo turun 6% karena hasil pemberi pinjaman dirusak oleh biaya yang lebih tinggi dari yang diperkirakan JPMorgan meleset pada beberapa metrik utama seperti pendapatan bunga bersih - meskipun mencatat rekor laba. Citigroup mengatakan biaya untuk tahun ini kemungkinan akan berada di ujung atas kisaran yang diberikan sebelumnya.Bank of New York Mellon Corp. melonjak karena NII yang lebih baik dari yang diperkirakan.

Imbal hasil Treasury 10-tahun turun tiga basis poin menjadi 4,18%. Pedagang swap telah sepenuhnya memperhitungkan pemotongan suku bunga Fed sebesar seperempat poin pada bulan September dan menargetkan lebih dari dua pengurangan tahun ini.

Russell 2000 Notches Best Week in 2024. (Sumber: Bloomberg)

"Namun, risiko kritis terletak pada pelonggaran kondisi keuangan - sebuah perkembangan yang sudah berkontribusi pada ukuran pelacakan real-time kami yang menunjukkan inflasi Juli sebesar 0,3% m/m untuk headline dan inti," kata Jose Torres di Interactive Brokers. 

"Kelanjutan dari perkembangan ini, yang merupakan kasus dasar saya, akan menghalangi Fed untuk memberikan pemotongan pertamanya dalam siklus pada bulan September."

Bagi Krishna Guha di Evercore, rilis PPI terbaru mengkonfirmasi inflasi Juni ditetapkan untuk dicetak sangat ringan di pertengahan remaja bulan-ke-bulan pada ukuran PCE inti pilihan The Fed - menempatkan pejabat AS dengan tegas pada jalur untuk memangkas pada bulan September.

Dia juga mengatakan "fase The Fed baru" ini dapat menopang luasnya pasar saham.

"Kita sekarang memasuki fase baru di mana pemotongan pre-emptive (berbeda dengan pemotongan reaktif yang didorong oleh kenaikan pengangguran yang lebih besar) dapat mengurangi risiko prospek pertumbuhan ke depan," katanya.

"Dengan syarat Fed tidak bergerak terlalu lambat untuk menghentikan pelemahan ekonomi yang mendasar, pengurangan risiko prospek pertumbuhan ke depan ini mendukung luasnya pasar dan sektor siklikal."

Salah satu pertanyaan terbesar tentang aksi pasar pada sesi sebelumnya - yang secara nyata meningkatkan luasnya - adalah apakah itu merupakan pembalikan tren jangka panjang yang sah dari satu setengah tahun terakhir - atau hanya tipuan kepala lainnya, menurut Dan Wantrobski di Janney Montgomery Scott.

"Kami akan mengatakan pada awalnya bahwa sejauh teknis terkait, tidak dapat dikonfirmasi bahwa tindakan kemarin adalah awal dari tren jangka panjang yang berkelanjutan," katanya. 

"Namun, dari perspektif perdagangan, kami percaya kami dapat terus melihat rotasi lebih lanjut dalam jangka pendek, karena grafik masih menunjukkan potensi untuk mean reversion."

S&P 500 INDEX - Last Price. (Sumber: Bloomberg)

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa pergerakan "rotasi" tidak sama dengan pergerakan "pelebaran", menurut Matt Maley di Miller Tabak.

"Kami percaya pergerakan 'rotasi' akan melakukan kebalikan dari apa yang dilakukan ketika investor 'berotasi' ke sektor teknologi dalam skala besar selama 20 bulan terakhir: Ini akan menyeret seluruh pasar lebih rendah bersama dengannya - sama seperti itu telah menyeret seluruh pasar lebih tinggi bersama dengannya sejak musim gugur 2022," katanya.

Sorotan minggu ini adalah rebound besar pada perusahaan-perusahaan kecil - yang sebagian besar tertinggal dari pasar yang lebih luas dan terutama teknologi besar tahun ini.

Quincy Krosby di LPL Financial mengatakan Russell 2000 dipandang sebagai barometer penting dari potensi pelonggaran suku bunga, tetapi juga sebagai pengukur kondisi ekonomi.

"Secara historis, Russell 2000 tertinggal dari pasar selama tiga bulan setelah pemotongan suku bunga pertama. Fed biasanya memangkas suku bunga karena kekhawatiran tentang ekonomi dan khususnya pasar tenaga kerja," kata Krosby.

"Pasar akan lebih suka pemotongan suku bunga yang didasarkan pada penurunan inflasi di tengah lanskap ekonomi yang solid."

Beberapa data ekonomi berikutnya, selain laporan pendapatan, akan membantu mengklarifikasi apakah kinerja small-cap sepenuhnya dibenarkan, pungkasnya.

"Bulls menahan serangan data minggu ini," kata Mark Hackett di Nationwide. 

"Momentum pasar tetap tanpa henti.Beberapa rintangan penting telah dibersihkan, membuat pendapatan menjadi katalis pasar berikutnya yang mungkin."

Untuk rincian kinerja sektor di S&P 500 setiap hari setelah penutupan, silakan lihat S&P 500 Sector Wrap yang baru. Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 naik 0,6% pada pukul 4 sore waktu New York
  • Nasdaq 100 naik 0,6%
  • Dow Jones Industrial Average naik 0,6%
  • MSCI World Index naik 0,6%

Mata Uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,4%
  • Euro naik 0,3% menjadi US$1,0906
  • Pound Inggris naik 0,5% menjadi US$1,2986
  • Yen Jepang naik 0,6% menjadi 157,85 per dolar

Kripto

  • Bitcoin naik 0,2% menjadi US$57,641.16
  • Ether tidak banyak berubah di US$3,118.81

Obligasi

  • Imbal hasil pada Treasury 10-tahun turun tiga basis poin menjadi 4,18%
  • Imbal hasil 10-tahun Jerman naik tiga basis poin menjadi 2,50%
  • Imbal hasil 10-tahun Inggris naik tiga basis poin menjadi 4,11%

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,4% menjadi US$82,25 per barel
  • Emas spot turun 0,2% menjadi US$2,411.64 per ons

(bbn)

No more pages