Logo Bloomberg Technoz

Perluasan daftar pemenang ini telah diupayakan selama bertahun-tahun oleh para skeptis pasar yang menyesali merosotnya ekuitas yang momentumnya dihasilkan oleh sekelompok kecil perusahaan yang tidak memiliki aset (asset-light). 

Namun hal ini kurang terlihat manfaatnya dalam jangka pendek bagi investor yang dikelola secara pasif. Mereka telah menyembunyikan satu dari setiap empat dolar ETF hanya dalam lima dana – produk yang kini terancam oleh nasib Magnificent 7.

Berkat aliran masuk dan apresiasi, dominasi kendaraan-kendaraan tersebut berada pada tingkat yang ekstrem. Aset dalam iShares Core S&P 500 ETF (ticker IVV) baru-baru ini melampaui ambang US$500 miliar, menandai kedua kalinya dana yang diperdagangkan di bursa telah mengumpulkan lebih dari setengah triliun dolar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. 

Ini mengikuti jejak SPY, raksasa pelacak S&P 500 senilai US$556 miliar, yang mencapai tonggak tersebut lebih awal tahun ini.

"Risikonya adalah megacaps terkoreksi," kata Matt Maley, kepala strategi pasar di Miller Tabak + Co. 

"Semua orang mengakui bahwa nama-nama berkapitalisasi besar ini adalah alasan besar mengapa S&P dan Nasdaq reli dengan sangat kuat. Mengapa Anda tidak berpikir jika saham-saham yang sama ini turun, indeks dan ETF ini juga tidak akan turun?"

Secara keseluruhan, lima ETF — semuanya terkait dengan bobot kapitalisasi S&P 500 atau Nasdaq 100 dalam tingkat yang lebih besar atau lebih kecil — masing-masing memiliki aset US$200 miliar atau lebih, secara kolektif menguasai sekitar seperempat dari alam semesta ETF AS senilai US$9 triliun. Pada hari Kamis, kelima ETF ini berhasil turun meskipun sebagian besar ekuitas AS bergerak lebih tinggi.

Big Week for Small Caps. (Sumber: Bloomberg)

Tentu saja, masa depan di mana sebagian besar pasar naik jauh dari hasil terburuk bagi investor, yang duduk di atas keuntungan besar setelah pasar bearish yang menghancurkan pada tahun 2022. Saham-saham bangkit kembali dari drama pertengahan minggu pada hari Jumat saat raksasa teknologi menemukan pijakannya. 

Meski begitu, sejauh mana indeks berbobot kapitalisasi mengandalkan anggota terbesar mereka menjadi sangat jelas oleh rotasi pada hari Kamis.

Faktanya, itu adalah sesi terburuk untuk S&P 500 dalam hampir empat tahun terhadap ukuran berbobot sama dari kumpulan perusahaan yang sama, yang memberikan Target Corp pengaruh sebanyak Microsoft Corp. Meski masih naik 0,9% untuk minggu ini, S&P 500 mengalami kinerja relatif terburuknya dibandingkan dengan ukuran berbobot sama sejak November 2020.

Segala sesuatu yang sebelumnya tidak berfungsi sebelum rotasi, tiba-tiba kembali panas. Russell 2000, didorong oleh pergerakan naik besar dalam saham seperti Groupon Inc dan Archer Aviation Inc, mengalami kinerja mingguan terbaiknya sejak November 2023, naik 6%. 

Sementara itu, sekeranjang saham yang paling diperdagangkan singkat mengalami hari terbaiknya pada hari Kamis sejak Mei, dengan kenaikan 4%.

"Pada akhirnya, breadth yang buruk hanya berkaitan dengan matematika," kata Amy Wu Silverman, kepala strategi derivatif di RBC Capital Markets LLC. 

"Jika saham-saham teknologi berkapitalisasi besar mendorong kontribusi indeks terhadap pengembalian saat naik, maka saat turun teknologi turun dan pasar juga turun."

Mega ETFs. (Sumber: Bloomberg)

Tidak ada kekurangan kata-kata superlatif untuk menyoroti kesenjangan antara perusahaan besar dan kecil tahun ini. Persentase rekor terendah saham yang mengungguli S&P 500, menurut Torsten Slok dari Apollo, yang juga mencatat bahwa 10 perusahaan teratas sekarang mencakup sekitar 35% dari indeks tetapi hanya 23% dari pendapatan.

Menurut Todd Sohn, ahli strategi ETF di Strategas, sementara itu, Apple Inc, Nvidia Corp, dan Microsoft masing-masing memiliki bobot lebih dari 7% dari S&P. Peringatan tentang konsentrasi pasar tidak menghentikan investor untuk terus menggelontorkan lebih banyak uang ke megacaps.

Penerbit juga mengatakan, The Roundhill Magnificent Seven ETF (MAGS) - yang memegang Tesla Inc, Apple, Meta Platforms Inc, Nvidia,Alphabet Inc, Amazon.com Inc dan Microsoft - telah melihat aliran masuk lebih dari US$285 juta dalam dua minggu terakhir, disertai dengan lonjakan volume perdagangan, yang berjalan 300% di atas rata-rata 30 hari.

Hanya pada hari Kamis, para pedagang memperdagangkan saham senilai US$120 juta, yang tertinggi dalam sejarah dana tersebut.

"Sementara rotasi kepemimpinan bisa memakan waktu, ketika itu akhirnya terjadi, itu bisa sangat menyakitkan karena investor menjadi satu sisi pada puncak konsentrasi," kata Cameron Dawson, kepala investasi di Newedge Wealth, melalui telepon.

Apakah rotasi ini akan terus berlanjut atau tidak adalah tebakan siapa pun. Steve Eisman dari Neuberger Berman Group, misalnya, mengharapkan kekuatan mega-cap akan bertahan selama bertahun-tahun.

Satu hal yang pasti: Investor telah banyak bertaruh pada saham teknologi, yang berarti hanya pergeseran kecil ke ekuitas yang lebih berisiko dapat mengubah permainan perdagangan di Wall Street ke depan.

"Tidak perlu banyak pengambilan keuntungan di Mag-7 untuk benar-benar menghasilkan banyak aktivitas di 493 saham lainnya," kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B. Riley Wealth.

(bbn)

No more pages