Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Kementan Dorong Produksi Kopi jadi 9 Ton per Hektar

Pramesti Regita Cindy
12 July 2024 20:10

Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)
Biji kopi robusta (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Kementerian Pertanian memacu produktivitas produk kopi di Indonesia. Menurut dia, rata-rata produktivitas kopi di Indonesia mencapai 3-4 ton per hektar.

Hal ini membuat Jokowi tak puas karena ingin produktivitas kopi terus meningkat terutama pada perkebunan yang hasilnya masih 1-2 ton per hektar. Dia menilai, seharusnya tiap hektar kebun kopi sudah bisa menghasilkan 8-9 ton.

"Tadi saya sampaikan ke Menteri Pertanian agar memberikan perhatian kepada komoditas kopi. Yang paling penting adalah produktivitas per hektarnya harus naik, yang masih 1 hektar, 1 ton, 2 ton, harusnya bisa masuk ke 8 ton atau 9 ton. Tetapi ingat, ini tugas kita bersama bagaimana membuat produktivitas per hektarnya menjadi naik drastis," jelas Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat (12/7/2024). 

Menurut dia, Indonesia memiliki potensi produksi kopi yang sangat tinggi. Di Lampung Barat saja, kata dia, ada sekitar 600 ribu hektar dari total perkebunan kopi di Indonesia seluas 1,2 juta hektar.

Nilai komoditas kopi juga tengah berada pada titik yang baik dengan rata-rata Rp70 ribu per kilogram untuk bentuk kering atau green bean.