Logo Bloomberg Technoz

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar Usai U-20 Gagal

Sultan Ibnu Affan
09 April 2023 18:18

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Turkiye (Dok. Rilis Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Turkiye (Dok. Rilis Kemhan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap survei elektabilitas calon presiden 2024 terbaru di mana Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menempati posisi puncak dengan perolehan 30,3%.

Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo, yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 26,9% dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang meraih 25,3%.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mengatakan bahwa ketiga nama ini masih bersaing ketat dalam bursa elektabilitas capres. Namun, dalam survei terbaru ini, tingkat elektabilitas Ganjar telah mengalami penurunan yang signifikan. Pada Februari, elektabilitas Ganjar berada di angka 35%, namun pada April anjlok sebesar 8%.

“Yang menarik ini adalah tren penurunan yang cukup signifikan dari Ganjar Pranowo. Sementara Prabowo dan Anies cenderung mengalami penguatan dan cenderung stabil,” kata Djayadi saat memaparkan rilis hasil survei secara virtual, Minggu (9/4/2023).

Terhadap penurunan itu, LSI mengungkapkan bahwa ada kemungkinan Ganjar kehilangan pendukungnya usai gagalnya Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia.