Logo Bloomberg Technoz

“Kalau otomotif ujinya sudah, tetapi yang non-otomotif itu masih ongoing ujinya. Non-otomotif itu seperti kapal, alat pertanian, tambang dan kereta itu masih diuji sampai Desember,” ujar Eniya. 

“Kalau mau [B40] diterapkan otomotif dulu ya bisa, tetapi ini perlu dikonfirmasi dulu masalah insentif, masalah suplai, ini harus dibahas lagi.”

Sementara itu, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memastikan pasokan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk bahan baku biodiesel cukup untuk mendukung program uji coba B40 pada 2024.

Ketua Umum Gapki Eddy Martono mengatakan jumlah kebutuhan CPO untuk biodiesel pada uji coba B40 bakal meningkat pada level 13 juta ton. Angka ini naik 2,4 juta ton dari kebutuhan untuk biodiesel sebanyak 10,6 juta ton pada 2023. 

Perlu diketahui, konsumsi CPO dalam negeri digunakan untuk 3 kebutuhan, yakni pangan, oleokimia dan biodiesel. Dengan asumsi bahwa kebutuhan untuk pangan bakal naik pada kisaran 10 juta ton hingga 11 juta ton pada 2023, kebutuhan pasokan CPO untuk uji coba B40 dipastikan aman.

“Implementasi B40 kalau sampai B40 masih aman, dengan B40 kebutuhan sekitar sampai 13 juta ton untuk energi. Anggap saja nanti pangan naik 10 juta karena kemarin di angka 9 juta atau pada kisaran 10—11 juta ton (pada 2024), ditambah 13 juta ton masih aman,” ujar Eddy, Selasa (27/2/2024).

Namun, Eddy menggarisbawahi pentingnya perhitungan yang matang dan hati-hati bila pemerintah pada akhirnya ingin meningkatkan bauran biodiesel melebihi 40%.

Terlebih, produksi sawit Indonesia diproyeksikan bakal stagnan pada 2024. Hal ini terjadi imbas tidak adanya ekspansi kebun sawit dan laju peremajaan sawit rakyat yang rendah.

(dov/frg)

No more pages