Logo Bloomberg Technoz

ESDM Sebut Biodiesel B40 Siap Diterapkan pada 2025 

Dovana Hasiana
12 July 2024 19:30

Uji coba B40./Bloomberg-Dimas Ardian
Uji coba B40./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan pemerintah telah siap untuk mengimplementasikan program biodiesel B40 atau bauran solar dengan 40% bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak sawit pada 2025.

Menurut dia, lembaganya telah siap mulai dari sisi teknis, pasokan hingga pendanaan –untuk menerapkan peningkatan bauran dari 35% menjadi 40%.

“Iya [tahun depan]. Mudah-mudahan awal tahun. Ini kita udah siap, uji coba udah siap, teknis siap, pasokan juga siap, pendanaan siap, tinggal di-launching aja,” ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (12/7/2024).

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengatakan, telah melakukan komunikasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan mengatakan pasokan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) nasional masih surplus sekitar 4 juta ton ketika program B40 diterapkan, walaupun tanpa pembukaan lahan baru. 

Selain itu, Eniya mengatakan uji coba B40 telah dilakukan untuk sektor otomotif. Namun, uji cobanya masih berjalan untuk sektor non-otomotif, seperti kapal, alat pertanian, tambang dan kereta.