Logo Bloomberg Technoz

Perkuat Divisi Siber, Polri Rekrut Sarjana IT hingga Kriptografi

Redaksi
12 July 2024 20:40

Kapolri, Listyo Sigit Prabowo saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
Kapolri, Listyo Sigit Prabowo saat Konfrensi Pers RAPBN dan Nota Keuangan 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepolisian atau Polri merekrut 45 sarjana untuk menjadi calon perwira pada jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana atau SIPSS. Sebanyak 38 pria dan 7 wanita ini memiliki latar belakang pendidikan tinggi dan kemampuan pada bidang teknologi informasi (IT).

"Mereka akan menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian, Semarang. Jadi 45 calon perwira ini kami rekrut secara reguler dan proaktif," kata Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (12/7/2024).

Para calon tercatat memiliki kemampuan di bidang Teknik Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Desain Komunikasi Visual, Agen Intelejen, Teknologi Intelejen, Siber Intelejen, Ekonomi Intelejen, Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi dan Keamanan Siber.

Rekrutmen ini, kata Dedi, sejalan dengan rencana Korps Bhayangkara untuk mampu menghadapi tantangan ke depan, di mana kejahatan atau gangguan keamanan dan ketertiban (kamtibmas) tak hanya terjadi di lapangan, tetapi juga di dunia virtual. 

"SSDM Polri, sesuai tugas dan fungsinya, dan tentunya sesuai arahan Bapak Kapolri, merekrut personel untuk memperkuat kemampuan memerangi kejahatan siber," ujar Dedi.