Logo Bloomberg Technoz

Yunani Berjibaku Lawan Kebakaran Hutan Akibat Panas Ekstrem

News
12 July 2024 18:20

Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di dekat Stamata, Yunani pada 30 Juni. (Fotografer: Nick Paleologos/Bloomberg)
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di dekat Stamata, Yunani pada 30 Juni. (Fotografer: Nick Paleologos/Bloomberg)

Sotiris Nikas - Bloomberg News

Bloomberg, Yunani sedang berjuang melawan kebakaran mematikan di pulau Lesbos, di mana suhu di beberapa wilayah negara itu melebihi 40 derajat Celcius.

Seseorang tewas dalam mobil yang terbakar di Lesbos, di mana pihak berwenang sedang menyelidiki apakah kendaraan itu hangus terbakar oleh kebakaran hutan, atau apakah itu terlibat dalam kecelakaan yang memicu kebakaran.

Di tempat lain, hampir 100 petugas pemadam kebakaran - didukung oleh 11 pesawat terbang dan lima helikopter - mencoba untuk memadamkan kebakaran hutan di Korinthia, wilayah di timur laut Peloponnese. Pihak berwenang juga sedang memadamkan kebakaran di Evros, wilayah yang bersiaga sangat tinggi pada Jumat (12/07/2024).

Kebakaran hutan telah menjadi risiko di seluruh Yunani dan wilayah lain di Mediterania selama beberapa dekade, tetapi pemanasan global mempercepat ancaman yang mereka timbulkan. Perubahan iklim menempatkan tahun 2024 pada jalur menjadi tahun terpanas di dunia, sehingga memperparah peristiwa cuaca ekstrem seperti badai, banjir, dan kebakaran.