Logo Bloomberg Technoz

BI Catat Penukaran Uang Jelang Lebaran Rata-rata Rp 9,5 M Sehari

Sultan Ibnu Affan
09 April 2023 17:00

Suasana penukaran uang tunai di layanan keliling Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)
Suasana penukaran uang tunai di layanan keliling Bank Indonesia (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejak 20 Maret lalu hingga 20 April 2023 mendatang, Bank Indonesia (BI) telah bekerjasama dengan perbankan di Indonesia untuk membuka layanan penukaran uang jelang Hari Raya Idulfitri sebanyak 5.066 titik yang telah tersebar di berbagai wilayah.

Kepala Departemen Pengelolaan Keuangan BI, Marlison Hakim mengatakan bahwa rata-rata penukaran uang tersebut adalah Rp 9,5 miliar per harinya. “Rata-rata [layanan penukaran uang]  kami tiap hari ada 9,5 milyar habis,” katanya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (09/04/2023).

Adapun untuk di wilayah Provinsi DKI Jakarta sendiri, BI telah menyiapkan 466 titik lokasi penukaran uang tunai. Per tanggal 8-9 April ini, BI juga tengah membuka layanan tersebut di Area Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno.

Di area tersebut, BI juga telah menyediakan lima unit mobil untuk layanan transaksi. Selain itu, BI juga menyediakan kuota sebanyak 5.000 kepada pendaftar online melalui website pintar.bi.go.id, dan untuk pengunjung langsung atau go show sebanyak 500 orang.

“Ini sejak hari kemarin. Di sini kita buka dengan lima kendaraan dan untuk sekitar 5000 penukar, itu yang mendaftar, tapi kami juga buka untuk go show,” kata dia.