Logo Bloomberg Technoz

Penyidik Diadukan ke Propam Polri, KPK Klaim Siap Lawan Hasto Cs

Muhammad Fikri
12 July 2024 15:50

Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Hasto Kristiyanto dan Tessa Mahardhika Sugiarto (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perseteruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan sejumlah politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus berlanjut. Semuanya masih berkaitan dengan upaya lembaga antirasuah tersebut menangkap tersangka dan buron kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024, Harun Masiku.

Kali ini, Staf Pribadi Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yaitu Kusnadi melaporkan penyidik KPK Rossa Purbo Bekti ke Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian (Propam Polri). Rossa adalah polisi berpangkat ajun komisaris besar (AKBP) yang bertugas di KPK dan menjadi kepala satgas kasus Harun Masiku.

"Kami siap menghadapi laporan yang dimaksud," kata juru bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto, Jumat (12/7/2024).

Hingga saat ini, menurut dia, KPK masih mempertimbangkan perlu tidaknya pelibatan Biro Hukum lembaga antirasuah tersebut untuk menghadapi sejumlah gugatan dari para politikus PDIP tersebut. Akan tetapi, dia memastikan KPK akan meladeni semua gugatan yang dilayangkan berkaitan dengan penanganan kasus korupsi.

"Itu nanti akan dinilai, apakah memang diperlukan, untuk menerjunkan biro hukum, tapi pada prinsipnya KPK siap untuk menghadapi laporan-laporan yang ditujukan bagi penyidik KPK," ujar Tessa.