Logo Bloomberg Technoz

Aksi Mogok Kerja Samsung Berlanjut, Targetkan Pabrik Chip AI

News
12 July 2024 15:30

Pekerja Samsung Electronics Co. demo di luar pabrik Samsung di Hwaseong, Korea Selatan, Senin (8/7/2024). (Jean Chung/Bloomberg)
Pekerja Samsung Electronics Co. demo di luar pabrik Samsung di Hwaseong, Korea Selatan, Senin (8/7/2024). (Jean Chung/Bloomberg)

Sohee Kim dan Shery Ahn - Bloomberg News

Bloomberg, Serikat pekerja terbesar Samsung Electronics Co kini menyerukan kepada karyawan di salah satu pabrik chip memori AI tercanggih milik perusahaan untuk mogok kerja. Mereka mengubah taktik setelah kampanye untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi menunjukkan tanda-tanda kehilangan momentum.

Beberapa ratus karyawan bergabung dalam protes pada Kamis (11/07/2024) dan Jumat (12/07/2024) di depan pabrik memori bandwidth tinggi Samsung di Pyeongtaek, selatan Seoul, setelah serikat pekerja menyerukan pemogokan umum minggu ini. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan ribuan orang yang muncul pada demonstrasi publik di luar fasilitas utama Samsung di Hwaseong pada Senin, tetapi pemimpin serikat pekerja mengatakan kepada Bloomberg News bahwa mereka sekarang menargetkan kompleks yang kecil namun penting secara strategis dengan harapan dapat meningkatkan tekanan.

Situs Pyeongtaek adalah pusat bagi upaya Samsung untuk menguasai pangsa pasar yang penting. Pembuat chip tersebut sedang dalam proses mencoba untuk meyakinkan Nvidia Corp agar menggunakan memori bandwidth tinggi mereka - prasyarat untuk mengejar pesaing yang lebih kecil, SK Hynix Inc, di arena AI yang sedang berkembang pesat.

Membidik lini produksi chip kelas atas adalah tindakan "paling efektif" terhadap manajemen, kata Lee Hyun-kuk, wakil sekretaris jenderal serikat pekerja.