Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, Yoon dinilai tidak mampu untuk mencegah Jepang melepaskan air radioaktif yang telah diproses dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima hingga menempatkan kesehatan warga Korsel dalam bahaya.

Lebih dari 1,3 juta orang telah menandatangani petisi tersebut per 9 Juli 2024. Dalam pertemuan tersebut, komite legislasi, di mana Partai Demokrat sebagai partai oposisi utama memiliki suara mayoritas, menyetujui keputusan untuk mengadakan sidang dengar pendapat tentang kasus Chae pada 19 Juli.

Anggota parlemen dari Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa keluar dari ruangan untuk memboikot pemungutan suara.

Secara hukum, petisi yang disetujui oleh lebih dari 50.000 orang dalam waktu 30 hari akan dirujuk ke sub-komite parlemen yang mengkaji petisi, dan dapat diajukan ke sidang paripurna untuk dilakukan pemungutan suara.

Mosi pemakzulan membutuhkan mayoritas dua pertiga untuk diloloskan parlemen. Setelah mempertimbangkan mosi tersebut, Mahkamah Konstitusi kemudian memutuskan untuk memberhentikan atau mengembalikan presiden.

Sejak menjabat pada tahun 2022, Yoon telah kehilangan popularitas, dengan peringkat persetujuan terakhirnya berada di sekitar 25% sejak April.

Presiden Korsel Roh Moo-hyun telah dimakzulkan pada tahun 2004 dan Park Geun-hye pada tahun 2017. Sementara Park dilengserkan, Mahkamah Konstitusi memulihkan Roh.

(ros/del)

No more pages