Logo Bloomberg Technoz

AS Umumkan Bantuan Militer Rp3,63 T untuk Ukraina, Banyak Amunisi

News
12 July 2024 11:20

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) mengumumkan paket senjata baru senilai US$225 juta (sekira Rp3,63 triliun) untuk Ukraina. Bantuan ini dikucurkan untuk menopang sistem pertahanan udara negara itu karena rudal-rudal dan pesawat tak berawak Rusia yang mematikan terus menghantam kota-kota di Ukraina.

Bantuan keamanan baru ini--yang diumumkan pada Kamis (11/7/2024) saat KTT NATO berlangsung di Washington, DC--dilengkapi dengan baterai rudal Patriot dan juga rudal anti-pesawat terbang Stinger. Demikian menurut pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS.

Awal pekan ini, Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa sekutu-sekutu NATO bersama-sama mengirimkan lima sistem pertahanan udara jarak jauh kepada Ukraina, termasuk empat Patriot dan satu SAMP-T dari Italia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, yang sedang berada di ibu kota AS untuk bertemu dengan para pemimpin NATO pekan ini, berulang kali meminta sistem pertahanan udara yang sangat dibutuhkan untuk melindungi warga sipil, kota-kota di Ukraina, serta infrastruktur energi yang sangat penting di negara tersebut.