Logo Bloomberg Technoz

Royal Wedding yang digelar pada 1981 itu dinobatkan menjadi ‘Pernikahan abad ini.’

Pernikahan yang digelar di St Paul Cathedral itu dihadiri 3.000 orang dan disiarkan di 74 negara dengan total penonton 750 juta. Pernikahan tersebut menghabiskan US48 juta atau setara US$163 juta tahun ini.

  1. Pernikahan Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum

Acara pernikahan Sheikh Mohammed dengan istri pertamanya Sheikha Hind Bint Maktoum bin Juma Al Maktoum menghabiskan US$45 juta atau setara US$137 juta pada tahun ini. 

Pesta megah selama seminggu, yang diadakan pada tahun 1979, tercatat sebagai salah satu acara terbesar dalam sejarah negara tersebut dengan Sheikh mengumumkan libur nasional selama lima hari di Emirates untuk merayakan pernikahannya. 

Sheikh memiliki 20 unta yang dihiasi dengan permata untuk mengantarkan hadiah pernikahannya kepada pengantin wanita, dan sebuah stadion dibangun untuk menjamu 20.000 tamu undangan pasangan tersebut.

  1. Isha Ambani dan Anand Piramal

Pernikahan anak perempuan satu-satunya di keluarga Ambani tersebut digelar pada 2018. Dan menghabiskan biaya US$100 juta (Rp1,6 triliun) jika diestimasi untuk tahun ini pernikahan tersebut menghabiskan US$124 juta.

Perayaan tersebut berlangsung di tiga lokasi berbeda: pertama, pesta pertunangan di Danau Como, Italia, diikuti oleh pesta sangeet di Istana Kota di Udaipur dan akhirnya, pernikahan di kediaman keluarga Ambani di Mumbai.

Saat itu, Boyencé diundang untuk menggelar konser. Sebagai puncaknya, keluarga tersebut mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada kota Udaipur dengan memberi makan 5.100 orang selama empat hari.

  1. Pernikahan dua putra Subrata Roy

Subrata Roy, pendiri Sahara, yang pernah menjadi salah satu konglomerat terbesar di India, mengadakan pernikahan ganda mewah untuk dua putranya, Seemanto dan Sushanto Roy, pada tahun 2004.

Perayaan selama enam hari tersebut dihadiri oleh sekitar 11.000 tamu, termasuk beberapa selebriti terbesar di India. Keluarga Roy dilaporkan menyewa 27 jet pribadi untuk mengangkut tamu-tamu mereka dan menyediakan armada 200 Mercedes untuk transportasi di dalam kota Lucknow.

Selain perayaan yang megah – yang pada saat itu menelan biaya sebesar US$74 juta, menurut The Economic Times – keluarga Roy juga menunjukkan kemurahan hati mereka kepada kaum miskin dengan dilaporkan menyumbangkan makanan kepada 140.000 tunawisma di seluruh India dan memberikan US$2.560 kepada masing-masing 101 pasangan lokal yang kurang mampu agar mereka bisa menikah, menurut The Guardian.

  1. Brahmani Reddy dan Rajeev Reddy

Pernikahan mewah itu digelar tahun 2016. Perayaan lima hari tersebut menelan biaya sekitar US$74 juta, menurut The Economic Times, diadakan di istana kerajaan, dan menampilkan penari Brasil.

Para tamu menerima undangan pernikahan yang dipersonalisasi melalui layar LCD dan makan dengan peralatan yang terbuat dari emas dan perak murni. Banyak orang di India mengkritik pernikahan tersebut, yang diadakan pada saat rakyat India sedang kesulitan mencari uang untuk membeli makanan setelah pemerintah memutuskan untuk menarik uang kertas bernilai tinggi dari peredaran dalam upaya mengatasi penggelapan pajak.

  1. Vanisha Mittal dan Amit Bhatia

Menurut Guinness World Records, Vanisha Mittal, putri dari raja baja India Lakshmi Mittal, seorang miliarder dan salah satu orang terkaya di India, dilaporkan mengadakan pernikahan senilai US$55 juta.

Pernikahan yang berlangsung selama enam hari dan dianggap sebagai pernikahan termahal yang pernah tercatat secara resmi – meskipun Forbes memperkirakan angkanya mendekati US$60 juta.

(spt)

No more pages