Logo Bloomberg Technoz

Mantan Wakil PM Taiwan Ditahan atas Tuduhan Korupsi

News
12 July 2024 10:30

Wakil perdana menteri pemerintahan Tsai Ing-wen dari Januari 2023 hingga Mei 2024, Cheng Wen-tsan (tengah). (Dok: STR/Getty Images)
Wakil perdana menteri pemerintahan Tsai Ing-wen dari Januari 2023 hingga Mei 2024, Cheng Wen-tsan (tengah). (Dok: STR/Getty Images)

Yian Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Pengadilan di Taiwan memerintahkan mantan wakil perdana menteri Cheng Wen-tsan ditahan. Dia diselidiki atas tuduhan korupsi. Kasus ini merupakan perkembangan terbaru dalam penyelidikan korupsi profil tertinggi di negara kepulauan yang dijalankan secara demokratis sejak Presiden Chen Shui-bian pada 2008.

Wakil perdana menteri pada pemerintahan Tsai Ing-wen dari Januari 2023 hingga Mei 2024 tersebut harus ditahan karena adanya risiko kolusi dengan orang-orang yang terlibat dalam kasus ini, pengadilan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Kamis (11/7/2024) malam.

Dia juga berisiko melarikan diri mengingat dakwaan yang dituduhkan kepadanya adalah tindak kriminal, kata pengadilan di Taoyuan, dekat ibu kota Taipei. Jaksa menuduh Cheng "menerima suap dengan menggunakan posisinya di pemerintahan," tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Dia sebelumnya pernah mendapatkan jaminan dua kali, tapi dua kali pula jaksa mengajukan banding. Cheng adalah seorang tokoh senior di Partai Progresif Demokratik yang berkuasa dan dipandang oleh beberapa pihak sebagai penantang potensial untuk menjadi presiden.