Logo Bloomberg Technoz

Bayu juga mendukung rencana Luhut dalam pembebasan bea masuk dan pencabutan larangan/pembatasan atau lartas untuk barang impor yang dibutuhkan dalam industri penerbangan.

Mekanisme Penarifan

Di sisi lain, dia berpendapat mekanisme penerapan tarif yang saat ini diberlakukan seragam untuk semua wilayah juga sudah seharusnya diubah. Terlebih, wilayah yang lebih jauh atau terpencil dengan populasi yang sedikit akan memiliki biaya CBH yang lebih mahal dibandingkan dengan wilayah seperti pulau Jawa.

"Jadi ya harus ada pembedaan tarif penerbangan sesuai dengan tingkat kemahalan di masing-masing wilayah atau regionalisasi," sambungnya.

Namun, terkait dengan evaluasi efisiensi melalui peran pendapatan kargo, Bayu berpendapat hal tersebut kurang tepat karena proporsi pendapatan dari kargo untuk pesawat penumpang tidak signifikan.

Lagipula, menurutnya, arus kargo hanya terjadi satu arah dari Jakarta ke daerah lain di Pulau Jawa, tanpa ada kargo yang diangkut dari wilayah atau pulau lain dalam jumlah signifikan.

Menko Marves Luhut sebelumnya membeberkan pemerintah telah menyiapkan beberapa langkah untuk efisiensi penerbangan dan penurunan harga tiket pesawat.

Adapun langkah-langkah efisiensi yang akan dilakukan yakni melalui:

  • Evaluasi CBH dengan identifikasi dan merumuskan strategi untuk mengurangi nilai CBH berdasarkan jenis pesawat dan layanan penerbangan.
  • Akselerasi kebijakan pembebasan bea masuk dan pembukaan lartas barang impor tertentu untuk kebutuhan penerbangan, karena biaya perawatan pesawat menyumbang 16% dari keseluruhan biaya setelah avtur.
  • Mekanisme pengenaan tarif berdasarkan sektor rute dengan menyesuaikan mekanisme perhitungan tarif untuk mengurangi beban biaya pada tiket penerbangan, karena saat ini ada pengenaan dua kali tarif pajak pertambahan nilai (PPN), iuran wajib jasa raharja (IWJR), dan passenger service charge (PSC).
  • Evaluasi peran pendapatan kargo terhadap pendapatan perusahaan penerbangan, yang dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan harga TBA.

"Terhitung sejak rapat ini dilakukan, seluruh langkah tersebut di atas selanjutnya akan dikomandoi langsung oleh Komite Supervisi Harga Tiket Angkutan Penerbangan Nasional. Mereka akan mengevaluasi secara detail harga tiket pesawat setiap bulannya," ungkap Luhut melalui Instagram resminya, Kamis (11/7/2024).

(prc/wdh)

No more pages