Logo Bloomberg Technoz

INACA Soroti 4 Strategi Luhut Turunkan Harga Tiket Pesawat

Pramesti Regita Cindy
12 July 2024 09:20

Penumpang melakukan check-in di Bandara Kertajati, Majalengka. (Dok. PT Angkasa Pura II Cin)
Penumpang melakukan check-in di Bandara Kertajati, Majalengka. (Dok. PT Angkasa Pura II Cin)

Bloomberg Technoz, Jakarta Sekjen Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Bayu Sutanto menyampaikan pandangannya perihal sejumlah langkah efisiensi industri penerbangan untuk menurunkan harga tiket pesawat, sebagaimana diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Salah satu langkah utama yang akan dilakukan adalah evaluasi operasi biaya pesawat, di mana cost per block hour (CBH) diidentifikasi sebagai komponen biaya operasi pesawat terbesar.

Beberapa evaluasi lainnya juga akan diterapkan dan akan menjadi pertimbangan dalam menentukan harga tarif batas atas (TBA) tiket maskapai penerbangan komersial.

Menurut Bayu, CBH adalah hasil dari berbagai komponen biaya seperti sewa pesawat, kru, avtur, perawatan/suku cadang, bandara, dan navigasi. Jika biaya-biaya tersebut dapat diefisienkan, praktis CBH akan menurun.

"Kalau biaya-biaya nya efisien ya CBH-nya turun," jelas Bayu kepada Bloomberg Technoz, Jumat (12/7/2024).

Suasana calon penumpang pesawat saat arus mudik di Terminal 3, Bandara Soetta, Sabtu (6/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)