Logo Bloomberg Technoz

Indonesia dan AS Sepakat Debt Swap Konservasi Laut Rp563 Miliar

Redaksi
12 July 2024 09:01

Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)
Sri Mulyani (Dok. World Water Forum)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menyepakati perjanjian tukar utang untuk reservasi konservasi laut atau Debt Swap to Marine Conservation Reservation agreement senilai US$35 juta atau setara Rp563,8 miliar. 

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menerima kedatangan US Treasury Department Assistant Secretary for International Trade and Development AS Alexia Latortue di kantornya, Kamis (12/7/2024).

"Tujuan perjanjian ini untuk ikut memperkuat dan menjaga kelestarian laut dan coral yang dilakukan Indonesia melalui berbagai inisiatif," ujar Sri Mulyani di laman media sosialnya, Jumat (12/7/2024).

Alexia bersama tim Just Energy Transition Partnership (JETP) membahas mengenai perkembangan transisi energi di Indonesia, terutama pendanaan yang mulai mengalir di bidang energi terbarukan.

JETP merupakan inisiatif kerja sama di bidang transisi menuju energi rendah karbon. Inisiatif ini diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pertemuan puncak Kepala Negara G20 di Bali (Presidensi G20 Indonesia).