Logo Bloomberg Technoz

Kongsi Saratoga BDDC Akan Ekspansi Kapasitas Data Center

Sultan Ibnu Affan
12 July 2024 08:50

Seremoni Topping Off JST Site Pusat Data Tier IV Jakarta Bersama Digital Data Centres (BDDC). Sumber: BDDC
Seremoni Topping Off JST Site Pusat Data Tier IV Jakarta Bersama Digital Data Centres (BDDC). Sumber: BDDC

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kongsi Provident Capital, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), dan Macquarie Asset Management, Bersama Digital Data Centres (BDDC), akan menambah kapasitas pusat data atau data center.

Rencana tersebut dicanangkan usai perusahaan meresmikan fasilitas pusat data Tier IV berkapasitas 5 megawatt (MW), yakni JST1 yang berlokasi di Jakarta Timur.

JST1 merupakan pusat data kedua yang diresmikan BDDC dalam dua tahun terakhir menyusul JBT1 (Jakarta Barat Tangerang) yang berlokasi di Jakarta Barat.

"Ke depan, BDDC berencana mengembangkan kapasitas hingga 32 MW di lokasi JST dan 30 MW di lokasi JBT. Perluasan ini diharapkan dapat mendorong interkonektivitas guna memenuhi kebutuhan layanan edge data centre berbagai sektor usaha dan skala bisnis dalam negeri dan luar negeri untuk kegiatan operasional sehari-hari," ungkap Presiden Komisaris Bersama Digital Data Centres (BDDC) Setyanto Hantoro dalam keterangan resmi, Jumat (12/7/2024).

JST1 sendiri telah diresmikan pada 10 Juli 2024. Adapun JST1 merupakan fasilitas data center dengan standar Tier IV yang dapat menampung 1.008 rak dalam 8 lantai ruang data, dan sumber kelistrikan ganda sebagai solusi komprehensif dalam satu platform BDDC.