Logo Bloomberg Technoz

Defisit AS Capai US$1,27 Triliun pada Tahun Fiskal Juni 2024

News
12 July 2024 06:30

Gedung Putih / White House (Ist)
Gedung Putih / White House (Ist)

Christopher Condon - Bloomberg News 

Bloomberg, Pembayaran bunga atas utang Amerika Serikat (AS) terus mendorong defisit anggaran pemerintah yang mencapai US$1,27 triliun untuk tahun fiskal hingga Juni 2024.

Data Departemen Keuangan yang dirilis Kamis menunjukkan defisit anggaran pemerintah AS pada Juni mencapai US$66 miliar, meskipun penerimaan mencapai rekor pada bulan itu sebesar US$466 miliar. Jika disesuaikan dengan perbedaan kalender, kekurangan pada bulan ini adalah US$5 miliar lebih kecil dibanding pada Juni 2023. Defisit tahun berjalan juga sedikit lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bunga utang negara pada Juni mencapai US$140 miliar dan berjumlah US$868 miliar dalam sembilan bulan pertama tahun fiskal berjalan – 33% lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kampanye kenaikan suku bunga Federal Reserve yang agresif – yang bertujuan untuk meredam inflasi yang tinggi – telah membuat utang menjadi lebih mahal. Tingkat bunga rata-rata tertimbang total utang pemerintah AS yang dapat dipasarkan adalah 3,3% pada akhir bulan Juni – yang paling mahal sejak tahun 2008 dan sekitar 60 basispoin (bps) lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.