Logo Bloomberg Technoz

Gubernur Jerome Powell dalam testimoni di hadapan anggota parlemen minggu ini menghindari memberi sinyal waktu penurunan suku bunga dan bersikeras bahwa langkah kebijakan akan dipandu oleh data yang masuk. Setelah laporan IHK, para trader memperkirakan bank sentral akan menurunkan biaya pinjaman pada September sebagai kemungkinan yang paling besar, sementara saham berjangka dan obligasi Treasury keduanya naik. Para pembuat kebijakan juga akan bertemu akhir bulan ini.

Meskipun Biro Statistik Tenaga Kerja melaporkan angka-angka tersebut dalam satuan koma desimal, para pejabat semakin sering menggunakan angka yang lebih detail untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang arah inflasi. Pada basis tiga desimal, IHK inti naik 0,065%.

Inflasi Perumahan

Harga rumah, yang merupakan kategori terbesar dalam sektor jasa, naik 0,2%, yang merupakan kenaikan terkecil sejak Agustus 2021. Harga Sewa Setara Pemilik - bagian dari hunian yang merupakan komponen individu terbesar dari IHK - naik 0,3%, juga yang terlemah dalam tiga tahun.

Tidak termasuk perumahan dan energi, harga jasa turun untuk bulan kedua, menurut perhitungan Bloomberg. Meskipun para pehjabat bank sentral telah menekankan pentingnya melihat metrik tersebut ketika menilai lintasan inflasi suatu negara, mereka menghitungnya berdasarkan indeks terpisah.

Ukuran tersebut, dikenal sebagai Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (Personal Consumption Expenditures/PCE), tidak terlalu membebani tempat tinggal seperti halnya IHK. Hal ini membantu menjelaskan mengapa ukuran PCE cenederung mendekati target target 2% The Fed.

Ukuran PCE, yang dirilis akhir bulan ini, diambil dari IHK serta kategori tertentu dalam Indeks Harga Produsen, yang akan dirilis pada hari Jumat.

Laporan terbaru dari Delta Air Lines Inc menunjukkan ruang untuk meredam inflasi beberapa sektor jasa. Proyeksi pendapatan maskapai penerbangan tersebut lebih lemah dari perkiraan karena persaingan di pasar domestik mendorong harga tiket menjadi lebih rendah.

"Kelebihan pasokan telah menyebabkan diskon besar-besaran," kata Kepala Eksekutif Delta Ed Bastian dalam sebuah wawancara. "Seperti semua orang, Anda terkena dampaknya."

(bbn)

No more pages