Logo Bloomberg Technoz

Inflasi AS Juni Melambat, Tingkatkan Optimisme Pangkas Suku Bunga

News
11 July 2024 20:10

Ilustrasi data inflasi Amerika Serikat atau AS. (dok Bloomberg)
Ilustrasi data inflasi Amerika Serikat atau AS. (dok Bloomberg)

Molly Smith - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Amerika Serikat (AS) secara luas menurun di bulan Juni, didorong oleh perlambatan biaya perumahan yang telah lama dinantikan. Hal ini menambah keyakinan para pejabat bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) bahwa mereka dapat segera menurunkan suku bunga.

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis pada Kamis (11/07/2024), Indeks Harga Konsumen (IHK) inti - yang tidak termasuk biaya makanan dan energi - naik 0,1% dari Mei, yang merupakan kenaikan terkecil sejak Agustus 2021. Angka tahunan naik 3,3%, yang juga merupakan laju paling lambat dalam lebih dari tiga tahun.

Para ekonom memandang IHK inti sebagai indikator inflasi mendasar yang lebih baik daripada IHK keseluruhan. Angka keseluruhan turun 0,1% dari bulan sebelumnya - penurunan pertama sejak awal pandemi, tertahan oleh harga bensin yang lebih murah - dan 3% dari tahun lalu.

Angka-angka tersebut menambah bukti bahwa inflasi telah melanjutkan tren penurunannya setelah melonjak di awal tahun, sementara aktivitas ekonomi yang lebih luas tampaknya melambat. Setelah laporan minggu lalu yang menunjukkan peningkatan pengangguran untuk bulan ketiga berturut-turut, data tersebut seharusnya membuat The Fed tetap pada jalur untuk menurunkan suku bunga akhir tahun ini.

Inflasi IHK AS. (Sumber: Bloomberg)