Logo Bloomberg Technoz

Prospek Pertumbuhan Bisnis Robotaxi Untungkan Posisi Baidu

News
11 July 2024 20:10

Ilustrasi Baidu. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Baidu. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg, Robotaxi Apollo Go di China milik perusahaan teknologi Baidu makin populer di tengah dukungan dari Beijing atas kendaraan swakemudi atau otonom.

Menurut analis dari Guotai Junan International, Li Muhua, Apollo Go milik Baidu akan mencapai titik impas (BEP) tahun ini dan mencatatkan keuntungan pada 2025 dengan peningkatan armadanya di kota Wuhan. Pandangan ini sejalan dengan rencana peluncuran robotaxi Tesla bulan Agustus, jelas Li dalam sebuah catatan.

Baidu telah berupaya mendiversifikasi bisnisnya yang selama ini menjalankan segmen pencarian di internet—lesu karena pendapatan iklan turun efek melambatnya ekonomi China. Perusahaan berinvestasi di AI generatif dan bidang kendaraan otonom.

Tesla Inc baru-baru ini mendapatkan persetujuan untuk menguji sistem driver-assistance canggihnya di beberapa jalan di Shanghai, menurut seseorang yang mengetahui masalah ini, Bloomberg melaporkan bulan lalu.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mengatakan pada akhir November bahwa mereka akan mengizinkan uji coba di jalan raya untuk mobil-mobil swakemudi tertentu di area-area yang telah ditentukan.

Kinerja saham Baidu dibandingkan indeks Hang Seng.